Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Ini Beberapa Penyesuaian Transjakarta Menyambut Hari Raya

Jumat 23 June 2017 13:22 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah

 Bus Transjakarta menaikan dan menurunkan penumpang di Halte Harmoni, Jakarta, Senin(1/5).

Bus Transjakarta menaikan dan menurunkan penumpang di Halte Harmoni, Jakarta, Senin(1/5).

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pada Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang kemungkinan jatuh pada Ahad (25/6), PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan beroperasi mulai pukul 09.00 WIB untuk layanan BRT dan non BRT. Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan penyesuaian waktu operasional ini untuk memberikan kesempatan kepada pengemudi, petugas halte, dan petugas layanan bus untuk melaksanakan shalat Ied pada Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Dia juga mengatakan, penyesuaian waktu operasional juga memberikan kesempatan bagi para karyawan Transjakarta untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Sementara bus wisata yang melayani masyarakat secara cuma-cuma beroperasi pada pukul 13.00 WIB.

Budi menjelaskan, Transjakarta menyediakan 21 bus wisata untuk menyediakan moda transportasi bagi masyarakat yang ingin berkeliling DKI Jakarta. Maupun berkunjung ke museum-museum bersejarah. “Masyarakat DKI Jakarta maupun wisatawan dalam negeri dan luar negeri bisa menikmati perjalanan mengelilingi Jakarta secara gratis dengan memanfaatkan layanan yang disediakan Transjakarta,” katanya di Jakarta, Jumat (23/6).

Dia menuturkan, saat ini terdapat enam rute bus wisata yang dilayani Transjakarta yakni History of Jakarta (Masjid Istiqlal), Jakarta Modern (Masjid Istiqlal-Bundaran HI), Art & Culinary (Masjid Istiqlal-Kota Tua), Jakarta Skycraper (Masjid Istiqlal-Bundara Senayan), Jakarta Open Space (Balaikota-RPTRA Kalijodo), serta Cagar Budaya (Masjid Istiqlal-Tanjung Priok). Transjakarta juga akan menambah bus yang beroperasi di masa liburan.

Layanan Blok M-Kota (Koridor 1) mulai Senin (26/6) hingga Ahad (2/7) akan beroperasi skitar 45 bus, atau bertambah 10 bus bila dibandingkan bus yang beroperasi di akhir pekan yang rata-ratanya sekitar 35 unit. Pada rute Kampung Melayu-Ancol (koridor 5) juga akan ditambah bus yang beroperasi dengan 26 bus yang dikerahkan mulai Senin (26/6) hingga Minggu (2/7). "Biasanya 19 bus beroperasi di akhir pekan pada rute Kampung Melayu-Ancol," ujar Budi.

Selain itu, Transjakarta juga menambah bus yang beroperasi untuk layanan Ragunan-Dukuh Atas (Koridor 6) yang direncanakan terdapat 32 bus yang melayani sejak Senin (26/6) hingga Minggu (2/7). "Biasanya pada hari Minggu, bus yang beroperasi sebanyak 25 unit," paparnya.

Masyarakat yang ingin berekreasi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga bisa memanfaatkan layanan Transjakarta. Penambahan bus Transjakarta ke sejumlah titik wisata, seperti Monas, Ragunan, TMII, dan Ancol di masa liburan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau ke titik-titik wisata.

Tranjakarta juga menyiapkan bus cadangan sebagai antisipasi meningkatnya jumlah pelanggan yang menuju tempat-tempat wisata di masa liburan. Menurut Budi, di samping penambahan bus yang beroperasi, Transjakarta juga menyiapkan petugas untuk melayani seluruh pelanggan. Dia memastikan Transjakarta mengakomodasi seluruh pelanggan dengan pelayanan yang optimal. Menurut Budi, pelanggan adalah bagian penting dari Transjakarta.

Dia menambahkan, selain ke titik-titik rekreasi, Transjakarta juga menyediakan akses bagi masyarakat yang ingin ke Jakarta Fair Kemayoran (JFK) pada 8 Juni hingga 16 Juli 2017. Rute-rute yang tersedia, antara lain Monas-PRJ, PGC-PRJ, Pulogadung-PRJ, dan Kampung Melayu-PRJ. Seluruh layanan tersebut tersedia mulai pukul 09.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Sumber : Center
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES