Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Pasar Sukatani Depok Raih SNI

Sabtu 24 Dec 2016 14:10 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu

Logo SNI

Logo SNI

Foto: bengkelsepedamotor.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan menyatakan Pasar Sukatani Depok telah memenuhi persyaratan SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan diberikan sertifikat kesesuaian dengan pemenuhan 100 persen. SNI diberikan kepada Pasar Rakyat dan ada persyaratan umum teknis pengelola.

"Pasar Sukatani Depok ini sudah mempersiapkan dokumen mutunya dan sarana fisik sesuai  yang ditetapkan, pengelola juga berkomitmen menjaga sistem sehingga sertifikasinya SNI turun," ujar Direktur Standarisasi dan Pengendalian Mutu,  Chandrini Mestika Dewi, seusai memberikan Sertifikat SNI di Pasar Sukatani Depok, Jumat (23/12).

Menurut Chandrini, proses sertifikasi untuk Pasar Sukatani Depok dilaksanakan dengan program pendampingan yang terdiri dari dua tahap. Adapun tahap pertama adalah melakukan pertemuan, analisa kesenjangan, pengecekan persyaratan fisik, pengecekan nonfisik dan bimbingan penyusunan dokumen. sedangkan tahap keduanya adalah melakukan pengecekan kembali dan sosialisasi pengetahuan dan simulasi audit internal.

"Dengan ditetapkannya SNI untuk Pasar Sukatani Depok, diharapkan, bisa menjadi pedoman dalam mengelola, membangun serta memberdayakan komunitas serta mengubah image pasar tradisional yang kumuh, becek, kotor menjadi pasar yang nyaman, sehat, aman dan akan meningkatan pendapatan pedagang dan memudahkan pembeli untuk bertransaksi," tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar, (DKUP) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok M. Fitriawan mengucapkan rasa syukurnya atas diperolehnya SNI untuk Pasar Sukatani Depok. "Ini juga menunjukan etikad dan komitmen kamimengelola pasar agar lebih baik, nyaman, tertib sesuai yang dibutuhkan masyarakat saat ini," ucapnya.

Diutarakan Fitriawan, raihan ini sebuah prestasi yang tentunya pihaknya semakin berkomitmen dan menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan di pasar-pasar yang ada di Kota Depok," kata dia.

Fitriawan mengungkapkan, saat ini ada lima pasar yang dikelola Pemkot Depok. "Kami bertekad akan memperbaiki berbagai fasilitas pasar yang dikelola oleh Pemkot Depok. Kami perbaiki berbagai fasilitas, sebagai sebuah standar kelayakan pasar supaya nyaman. Kami juga akan evaluasi pasar satu persatu, apa saja yang kurang dari pasar tersebut," kata dia mengakhiri.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA