Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Polres Bogor Terjunkan 939 Personel Jaga Keamanan Idul Adha

Sabtu 10 Sep 2016 16:14 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Kemacetan di pintu keluar Tol Ciawi, Bogor.

Kemacetan di pintu keluar Tol Ciawi, Bogor.

Foto: Reoublika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Jawa Barat mengerahkan 939 personel untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas sekaligus menjaga keamanan pada saat libur panjang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah. Kapolres Bogor AKBP Andy Muhammad Dicky, mengatakan, Jajaran Polres Bogor meningkatkan jumlah personel pengamanan pada lokasi prioritas dengan total kekuatan yang dilibatkan sebanyak 939 personel.

"Polres Bogor memprioritaskan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di daerah-daerah wisata seperti Puncak dan Ciawi," kata dia di Bogor, Sabtu (10/9).

Rincian 939 personel tersebut terdiri atas pengamanan markas komando (PAM Mako) sebanyak 60 personel dengan komposisi tugas dibagi dalam tiga regu. Pengamanan di jalur Bogor, Puncak dan Cianjur (Bopunjur) dikerahkan 200 personel terdiri dari jajaran Polsek Megamendung dan Cisarua sebanyak 30 orang. Dibantu staf Polres Bogor 20 orang, serta Sabhara 30 orang, dan 120 orang personel Satuan Lalu Lintas.

"Pengerahan personel Satlantas untuk mengantisipasi jalur wisata kawasan Puncak," katanya.

Untuk pengamanan jalur Bogor, Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) lanjutnya, dikerahkan 100 personel terdiri atas anggota Satlantas 50 personel, Polsek Ciawi, Caringin, dan Cijeruk sebanyak 40 orang, bantuan dari Polres Bogor 10 orang.

"Untuk jalur Bocimi, fokus pengamanan jalur mudik dan wisata ke arah Sukabumi," katanya.

Penempatan personel selanjutnya untuk pengamanan di objek wisata sebanyak 40 lokasi dengan mengerahkan 350 personel, pengamanan objek vital sebanyak sembilan lokasi ada 20 personel, pusat perbelanjaan mal dan pasar modern sebanyak sembilan lokasi terdapat 27 personel. "Petugas juga kami kerahkan mengamankan pintu tol Ciawi dan Sentul Selatan sebanyak 22 personel, dan ada kekuatan candangannya staf Polres sebanyak 160 orang," katanya.

Sementara itu, lalu lintas kendaraan memasuki arah Puncak di hari libur jelang Idul Adha sejak pukul 08.38 hingga 10.21 lalu WIB masih terpantau padat. Antrean kendaraan mulai terjadi di tol Jagorawi KM 46+600 hingga kawasan Gadog. Petugas masih memberlakukan sistem satu arah di kawasan itu sehingga kendaraan dari arah Cianjur atau Puncak yang mengarah Jakarta sementara ditutup.

Kepadatan juga terjadi di gerbang tol Cibubur Utama mulai KM 31+500 karena ada kecelakan truk. "Ada truk Cold Disel terbalik, namun sudah di bahu jalan sehingga lajur 1.2. 3 sudah bisa dilalui," kata petugas penyampai informasi publik PT Jasamarga, Sonny Saputra. Sementara itu kondisi lalu lintas di jalur tol Jagorawi menuju Bogor, TMII, Cawang hingga siang ini lancar.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA