Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Dibangun Rp 6 M, Pujasera Pulau Untung Jawa tak Pernah Difungsikan

Jumat 06 Februari 2015 23:44 WIB

Rep: C97/ Red: Indira Rezkisari

Sejumlah pengunjung menikmati wahana air banana boat di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta

Sejumlah pengunjung menikmati wahana air banana boat di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pembangunan Pujasera senilai Rp 6 miliar di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, mubazir. Bangunan tersebut akhirnya rusak karena, tak terpakai. Tiang-tiang dan kerangka bangunan terlihat lapuk serta menghijau karena lumut yang tumbuh di sana-sini.

Bupati Kepulauan Seribu Tri Djoko Srimardianto tidak menyebutkan alasan mengapa Pujasera tak terfungsikan dengan baik. "Sejak tahun 2010, Pujasera ini belum pernah terpakai satu kalipun," tutur Tri, Jumat (6/2).

Menurutnya banyak fasilitas yang harus dibangun untuk melengkapi akses Pulau Untung Jawa. Seperti diperlukannya pelabuhan di Tanjung Pasir, Tangerang.

Sebenarnya banyak masyarakat yang sering menyeberang ke Pantai Tanjung Pasir. Namun belum ada pelabuhan di sana. Padahal untuk akses belanja dan sekolah anak-anak SMA, masyarakat sangat sering singgah ke Tanjung Pasir.

Menurut Sukarno (40) warga asli Pulau seluas 40,10 km itu, semua anak di tingkat SMA di pulau tersebut memilih untuk sekolah ke Tangerang atau Tanjung Priok. Salah satunya dengan lewat ke Tanjung Pasir. Karena itu sangat dibutuhkan pelabuhan di sana.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur Djarot berjanji akan segera mendiskusikan pbangunan pelabuhan Tanjung Pasir dengan Pemerintah Tangerang. "Oke kalau begitu, kita akan minta ke Pemerintah Tangerang," tutur Djarot.

Jarak dari Pulau Untung Jawa ke Tanjung Pasir adalah 10 menit dengan ongkos sekali perjalanan Rp 10 ribu. Tentang Pujasera yang mubazir, Djarot mengatakan bahwa ia dan pemerintah Pulau Tanjung Pasir akan melakukan FGD untuk mendiskusikan kelanjutan bangunan itu, senin depan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES