Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

Sabtu, 20 Ramadhan 1440 / 25 Mei 2019

BPBD: Banjir di Jakarta Kemungkinan Terulang Lagi

Senin 24 Nov 2014 14:20 WIB

Red: Agung Sasongko

Bencana banjir (ilustrasi).

Bencana banjir (ilustrasi).

Foto: Antara/Iggoy El Fitri/ca

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Banjir di wilayah Jakarta yang beberapa waktu lalu terjadi kemungkinan akan terulang lagi karena masih adanya curah hujan di wilayah ini dan sekitarnya.

"Kemungkinan banjir tetap ada karena di samping curah hujan di Jakarta sendiri juga dipengaruhi oleh curah hujan di sekitar Jakarta," kata Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Endang Achadiat di Jakarta, Senin (24/11).

Ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada diri dengan kemungkinan adanya banjir tersebut terutama warga yang berada di pemukiman dataran rendah.Selain itu masyarakat sendiri juga harus bisa berbuat dengan melakukan pengurangan resiko bencana banjir untuk kepentingan bersama.

Dikatakannya, masyarakat harus melakukan perbaikan saluran-saluran kecil di sekitar rumah, pengelolaan sampah perorangan dan melindungi barang-barang dan dokumen berharga sewaktu-waktu bisa diangkat bila banjir datang.

Bukan itu saja, Endang juga mengatakan, masyarakat atau warga yang wilayah pemukimannya sering terkena banjir agar waspada dan bertindak apabila sudah terima peringatan dini dari BPBD via SMS.

"Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap kejadian banjir di wilayah ini dan terus menyiagakan petugas di lapangan untuk cepat tanggap melakukan evakuasi apabila bencana banjir kembali datang," tuturnya.

Endang terus mengatakan saat ini sejumlah pengungsi yang beberapa waktu lalu pemukimannya terkena banjir di wilayah Jakarta Selatan dan Timur, sekarang ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA