Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Hari Ini, Jokowi Bakal Blusukan ke Lampung

Rabu 23 Apr 2014 06:58 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (25/3). (Republika/Yasin Habibi)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (25/3). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Lampung, hari ini, Rabu (23/4). Kedatangan Jokowi ke kota gajah kali itu dalam rangka tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI dengan Lampung.

Rencananya, Jokowi akan mengunjungi peternakan ayam di Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Setelah itu, ia akan mengunjungi rumah pemotongan hewan (RPH) Way Laga dan sentra penggemukan sapi Juang Jaya Abadi Alam. Terakhir, Jokowi juga diagendakan mengunjungi terminal agri bisnis di Lampung Selatan.

Jokowi dan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP telah menandatangani perjanjian kerja sama pada 14 Maret lalu. Perjanjian itu terkait distribusi komoditi pangan. Sejumlah kebutuhan pangan di DKI, seperti daging dan sayuran akan disuplai oleh Lampung dalam bentuk bahan siap olah. Misalnya, kelapa yang kulitnya sudah dikupas, jagung yang sudah bersih, dan daging potong.

Jokowi mengatakan, sistem seperti itu akan mengurangi sampah yang dihasilkan penduduk Jakarta. "Bayangkan kalau kelapa dikirim ke sini dengan kulitnya. Berapa ton sampah dihasilkan. Sayuran juga begitu," ujarnya.

Menurutnya, sistem tersebut juga dapat mengurangi kemacetan. Misalnya untuk distribusi, tak boleh lagi sapi utuh dikirim ke Jakarta. Sebab, pengiriman hewan ternak seperti itu membutuhkan banyak truk. Sementara, apabila daging potong yang dikirim, tentu jumlah truk yang digunakan jauh lebih sedikit. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA