Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

AP II Berikan Bantuan Ambulance untuk Puskesmas

Senin 30 Sep 2013 16:16 WIB

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad

Bantuan Ambulance

Bantuan Ambulance

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta menyerahkan lima unit ambulance kepada lima Puskesmas di wilayah Kota dan Kabupaten Tangernag.

Kelima Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Jurumudi Baru, Kedaung Wetan, Pakuhaji, Tegal Angus dan satu unit untuk Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Direktur Operasi Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II, Endang A. Sumiarsa memaparkan pemberian ambulance merupakan program korporasi kepada masyarakat melalui unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Pemberian bantuan diberikan kepada daerah yang berada di wilayah sekitar bandara. "Ada lima unit ambulance untuk lima Puskesmas baik Kota maupun Kabupaten Tangerang," di GOR Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Senin (30/9).

Penerima ambulance tersebut antara lain untuk Kota Tangerang yaitu Puskesmas Jurumudi Baru, Kecamatan Benda. Serta Puskesmas Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari satu unit untuk Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Sedangkan untuk Kabupaten Tangerang yaitu Puskesmas Pakuhaji dan Puskesmas Tegal Angus. Sebelumnya, sudah diserahkan pula pemberian bantuan ambulance kepada masyarakat yang berada di 13 wilayah bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

"PT Angkasa Pura II pada tahun 2013 sudah memberikan bantuan 60 unit kendaraan dan satu unit mobil Palang Merah," tuturnya.

Selain itu, pada 2012 pihaknya juga sudah memberikan kepada masyarakat di sekitar bandara sebanyak lima unit Ambulance.

Pada saat itu, penerima bantuan adalah Puskesmas yang berada di Kota Tangerang yaitu Kecamatan Benda, Batu Ceper, dan Neglasari. Selanjutnya Puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang yang berada di Kecamatan Kosambi dan Teluknaga.

Endang mengatakan ambulance yang diserahkan sudah dilengkapi fitur-fitur standar sesuai kebutuhan Unit Gawat Darurat (UGD). Selanjutnya dilengkapi peralatan pendukung lainnya seperti tabung oksigen, alas tidur, dan peralatan pendukung lainnya.

Pihak AP II sudah melakukan penyesuaian kalibrasi ambulance sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Adapun unit ambulance tersebut berupa kendaraan jenis Suzuki APV standar DB yang dilengkapi peralatan penunjang kesehatan.

Kelima unit ambulance tersebut diserahkan langsung kepada lima Puskesmas yang diterima langsung Camat dari lima kecamatan baik Kota maupun Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula dari pihak AP II yaitu Senior General Manager PT Angkasa Pura II Bram Bharoto Tjiptadi dan Deputy Senior General Manager Prijono Wodjo. Sedangkan dari Pemkot dan Pemkab Tangerang diwakilkan oleh penerima bantuan.

Camat Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Maryono Hasan mengakui bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi warga. Kecamatan Benda sudah memiliki dua ambulance untuk Puskesmas Keliling sehingga sekarang menjadi tiga unit.

"Semoga bermanfaat untuk masyarakat, kami ucapkan terima kasih. Kebutuhan ambulance sudah tercukupi saat ini," katanya mengungkapkan.

Menurut dia, wilayahnya merupakan kecamatan terdekat dengan lokasi bandara sehingga memang sudah seharusnya mendapat perhatian dari pengelola  bandara yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES