Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Tanggul Kali Cikeas Kembali Jebol, Perumahan Warga Terendam Air

Senin 04 Feb 2013 23:51 WIB

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Heri Ruslan

Tanggul Kali Cikeas kembali jebol.

Tanggul Kali Cikeas kembali jebol.

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perumahan warga Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi kembali terendam banjir. Ini akibat tanggul Kali Cikeas kembali jebol. Saat ini, air naik dengan cepat dan sekarang sudah mencapai tiga meter.

Menurut Novita (21 tahun), sekitar pukul 23.00 WIB, tanggul jebol. ''Airnya sudah hampir setinggi tiga meter ini, Arusnya sangat deras. Listrikpun sudah padam,'' ujarnya saat dihubungi Senin (4/1).

Menurutnya, awal kejadian, tanggul tersebut hanya keluar rembesan air saja sekitar pukul 22.00 WIB. Air yang keluar dari sela-sela batu kali mulai menggenangi perumahan setinggi lutut.

Warga lantas bergegas naik ke atap rumah untuk menyelamatkan diri. Tak lama kemudian, kata Novita, mulai terdengar gemuruh dari arus yang berasal dari Kali Cikeas tersebut.

Tanggul Kali Cikeas ini, pernah jebol pada 18 Januari lalu. Ketika itu, ketinggian air merendam rumah warga hingga ke atap. Novita mengatakan, perbaikan tanggul sebetulnya belum tuntas. Tanggul yang jebol hanya ditutupi dengan batu-batu kali yang diikat dengan kawat besi, namun belum disemen.

Saat ini, warga sudah naik ke atas atap rumah masing-masing dengan kondisi yang memprihatinkan. "Sekarang listrik dimatikan, di sini gelap gulita. Tolong bantuannya segera karena masih banyak warga yang terjebak,'' kata Novita.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA