Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Mensos: Jakarta Punya 68 Titik Kampung Siaga Bencana

Kamis 17 Jan 2013 21:35 WIB

Red: Hazliansyah

Mensos Salim Segaf

Mensos Salim Segaf

Foto: gresnews.com

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Masyarakat Jakarta, terutama warga yang tinggal di daerah langganan banjir dinilai telah paham dan mengerti untuk menyelematkan diri dan mengungsi ketika banjir datang.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Sosial telah mempunyai 68 titik Kampung Siaga Bencana (KSB), yang tersebar di daerah rawan bencana banjir.

"KSB sudah ada di Jakarta, terutama masalah banjir. Masyarakat kita beri edukasi tentang bagaimana memahami masalah karakter lingkungan," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Kamis.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Andi Zainal Dulung mengatakan 68 titik KSB tersebut dibentuk pada 2012 terutama di daerah rawan banjir seperti kawasan sekitar sungai Ciliwung.

"Sebenarnya yang kita bentuk adalah percontohan sehingga pemerintah daerah bisa mengembangkan dan membentuk lebih banyak lagi agar memberi pemahaman kepada warga bagaimana menangani bencana di menit-menit pertama terjadi," tambah Andi.

Menurut Andi, dengan adanya KSB, masyarakat paham penyelamatan diri dan tidak panik saat terjadi bencana karena biasanya jatuh korban jiwa saat kepanikan terjadi.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA