Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Pesawat Fokker 27 Jatuh di Halim

Kamis 21 Jun 2012 16:20 WIB

Red: Djibril Muhammad

Pesawat Fokker 27 jatuh menimpa rumah warga di kompleks perumahan Rajawali, Kelurahan Halim, Jakarta Timur, Kamis (21/6).

Pesawat Fokker 27 jatuh menimpa rumah warga di kompleks perumahan Rajawali, Kelurahan Halim, Jakarta Timur, Kamis (21/6).

Foto: www.alutsista.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah pesawat jenis Fokker 27 jatuh di wilayah Halim Perdanakusuma, Jakarta Kamis (21/6) sekitar pukul 14.15 WIB. Menurut Kadispen AU Marsma Azman Yunus memastikan bahwa pesawat jatuh di kompleks Perumahan Angkata Udara (AU) alias 'di kandang sendiri'.

"Jadi tidak ada di perumahan sipil," tegasnya kepada salah satu stasiun televisi nasional, Jakarta. Ia menjelaskan, pesawat yang beregistrasi A2708 itu berkapasitas 36 penumpang.

Pilot dari pesawat tersebut, lanjut dia, adalah Mayor Penerbang Hery Setyawanto dan beberapa penumpang lainnya, sepeti instruktur dan siswa. Pesawat lepas landas dari Halim Perdanakusuma pada pukul 13.10 WIB. Tujuan dari penerbangan itu adalah melakukan latihan rutin untuk mengitari bandara Halim Perdanakusuma.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI, Laksda Iskandar Sitompul dalam sambungan telepon kepada Republika mengakui bahwa pesawat tersebut merupakan milik TNI AU.

Mengenai kondisi pesawat, Iskandar juga mengakui bahwa pesawat latih terbang itu adalah pesawat lama. Pesawat tersebut juga masih memakai Propeller. "Tapi bukan berarti Propellernya jelek," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memberikan keterangan mengenai alasan jatuhnya pesawat. Pasalnya, identifikasi masih terus dilakukan oleh sejumlah pihak.

Tapi, kata Iskandar, dari daya yang diterima pihaknya, akibat kejadian tersebut, sebanyak delapan rumah tertimpa dan terbakar. "Tapi sudah dipadamkan oleh Pemadam Kebakaran," katanya.

Tak hanya itu, ada juga korban jiwa. "TNI sangat berbelasungkawa akibat kejadian tersebut," ungkap Iskandar.

Akibat insiden tersebut diduga menimpa sekitar delapan rumah di Perumahan AU tersebut. Saat ini sekitar 10 Unit Pemadam Kebakaran dan 10 Unit mobil Ambulans diturunkan untuk memadamkan kepulan asap yang diduga merupakan lokasi jatuhnya pesawat fokker 27 tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES