Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Pengacara tak bisa Pastikan Kapan UBN Kembali Ke Indonesia

Selasa 14 May 2019 15:55 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Muhammad Hafil

Ustaz Bachtiar Nasir

Ustaz Bachtiar Nasir

Foto: Republika/Iman Firmansyah
UBN tak berniat mangkir dari pemeriksaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uztaz Bachtiar Nasir (UBN) dipastikan tidak memenuhi panggilan pemeriksaan kasusnya di Bareskrim Polri, Selasa (14/5). UBN saat ini sedang menghadiri undangan di luar negeri tepatnya di Arab Saudi.

Pengacara Uztaz Bachtiar Nasir (UBN) Azis Yanuar sendiri belum dapat memastikan kapan UBN kembali ke Indonesia. "UBN di sana (Arab Saudi) hadir di sebuah acara untuk memenuhi undangan. (Untuk kepulangannya) belum bisa dipastikan," kata Azis saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (14/5).

Azis menjelaskan, UBN bukan berniat mangkir dari pemeriksaan. Namun, ia berharap pihak kepolisian dapat memaklumi agenda UBN sebagi seorang pendakwah yang padat. "Iya, setelah Ramadhan harapannya," ujarnya.

Saat disinggung terkait pertanyaan yang bakal di ajukan ke kliennya, Azis memperkirakan pertanyaan itu tak jauh berbeda dengan pemeriksaan pada tahun sebelumnya. "Kalau terkait dengan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) ini, diperkiraan tidak jauh seperti halnya panggilan saksi dulu 2017," ujarnya.

Dia mencontohkan beberapa pertanyaan tahun lalu, seperti kapasitas UBN di yayasan sebagai apa atau hubungannya dan penerima kuasa pencairan dana, dana itu dikemanakan, bukti buktinya, saksi saksinya. Selain itu, Azis menambahkan, akan ada pemeriksaan umum misalnya, kondisi kesehatan UBN dan pertanyaan yang mendetail terkait aliran dana. "Kondisi pendistribusian dana waktu itu bagimana dan semacamnya," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA