Jumat, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Jumat, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Wiranto Sebut KKSB akan Terus Dikejar dan Dihabisi

Kamis 13 Des 2018 14:38 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto (tengah)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto (tengah)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pemerintah akan membuka pintu jika KKSB sadar dan kembali ke Ibu Pertiwi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengatakan, kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) akan terus dikejar dan dihabisi. Namun, ia tak menutup kemungkinan untuk melakukan penyelesaian dengan cara yang baik.

"Terus dikejar, ya. Di negeri ini, tidak ada satu kekuatan bersenjata yang tidak sah, yang hanya melakukan pembunuhan, pengacauan. Di negara manapun juga ada, kita kejar, kita habisi mereka (KKSB)," kata Wiranto di Jakarta, Kamis (13/12).

Menurutnya, jangan sampai kelompok tersebut mengganggu kepentingan negara yang ia nilai sudah besar ini. Ia pun memastikan akan menyelesaikan persoalan terkait KKSB.

TNI dan Polri, kata Wiranto, dapat turun untuk mengejar KKSB karena ada peraturan yang memperbolehkan hal tersebut. "Ya kita selesaikan. Ada hukum di situ, ada undang-undang di situ, ada satu pembenaran bagaimana polisi dan TNI untuk menghabisi, mengejar mereka," jelasnya.

Kendati demikian, Wiranto mengatakan, pemerintah membuka pintu menyelesaikan dengan cara baik, yakni jika KKSB tersebut sadar dan kemudian kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. "Tapi kalau tidak bisa seperti itu dan mengorbankan masyarakat banyak, menganggu kepentingan nasional, menganggu stabilitas nasional, ya tindak tegas tidak ada (yang) lain," tuturnya.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA