Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Arab Saudi Pastikan Eksekusi Mati Tuti tak Rusak Diplomasi

Selasa 13 Nov 2018 23:15 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Mohammed (Kanan)

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama Mohammed (Kanan)

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Hingga saat ini pun Kedutaan Besar Saudi di Indonesia masih menunggu notifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Pemerintah Arab Saudi memastikan hukuman mati untuk WNI Tuti Tursilawati tidak mempengaruhi hubungan negaranya dengan Indonesia. 

"Hukuman mati tidak akan berpengaruh dalam hubungan kedua negara," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi di Jakarta, Selasa (13/11).

Menyoal tidak adanya pemberitahuan ke Indonesia dalam eksekusi Tuti, dia mengatakan secara prosedur pihak keluarga seharusnya mendapatkan notifikasi.

Hanya saja, dia mengaku belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai tidak adanya notifikasi soal eksekusi Tuti.

"Terkait notifikasi, merupakan hak keluarga mendapat info. Tapi saya sendiri menunggu informasi pemerintah kami apakah kedutaan mendapat notifikasi dalam persoalan tersebut," kata dia. 

Soal banyaknya pertanyaan yang ditujukan ke Dubes Osama soal Tuti, dia mengatakan masih membahas persoalan eksekusi mati tersebut.

"Masalah itu kami bahas. Meminta penjelasan notifikasi ke kedutaan. Dan kami menunggu dari Saudi," kata dia.  

Tuti yang merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Majalengka, telah dieksekusi mati oleh otoritas Arab Saudi tanpa pemberitahuan ke Perwakilan RI di Arab Saudi. Eksekusi mati terhadap Tuti, yang didakwa membunuh majikannya, dijalankan pada 29 Oktober di Thaif, Arab Saudi. 

Eksekusi mati tanpa notifikasi kali ini bukan yang pertama mengingat telah berulang kali terjadi. Saudi memang tidak menganut kewajiban memberikan notifikasi kepada keluarga atau pemerintah terpidana hukuman mati. 

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA