Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Gubernur Aceh Jelaskan Hubungannya dengan Steffy Burase

Kamis 25 Oct 2018 19:15 WIB

Red: Ratna Puspita

Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/7).

Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/7).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Irwandi dan Steffy pernah berencana menikah, tetapi tidak jadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menjelaskan hubungannya dengan model Steffy Burase yang disebut-sebut sebagai istri sirinya. "Kami pernah berencana untuk menikah. Sudah persiapan, tetapi akhirnya tidak jadi," kata Irwandi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (25/10).

Irwandi bersaksi untuk Bupati Bener Meriah Ahmadi yang didakwa menyuap dirinya sebesar Rp 1,05 miliar. Uang suap itu diduga agar mengarahkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Provinsi Aceh untuk menyetujui rekanan yang diusulkan Ahmadi mendapat program yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) pada tahun anggaran 2018 di Kabupaten Bener Meriah.

"Benar, kalau mau menikah, tidak butuh izin dari bapak dan ibunya. Bicara Islam pun saya tidak perlu butuh izin dari saya karena ini perkara tidak usah dahulu, jadi menurut saya, saya belum pernah menikah (dengan Steffy)," kata Irwandi.

photo

Mantan model Fenny Steffy Burase. (Republika/Iman)

Padahal, dalam sidang sebelumhya terungkap ada dokumen yang menyatakan keduanya terikat dalam hubungan pernikahan sebagai kelengkapan persiapan umrah. "Dia berusaha membuat dokumen untuk persiapan umrah, surat nikah, tetapi tidak pernah dipakai, akhirnya datang masing-masing," kata Irwandi.

"Memang belum ada izin dari istri Saudara?" tanya hakim.

"Belum," jawab Irwandi.

"Pernah minta izin istri Saudara?" tanya hakim.

"Pernah, begini waktu sama istri saya tanya 'Bagaimana kalau saya menikah lagi?' Kata dia, 'silakan asal bukan nikah dengan orang Aceh dan di Aceh, di luar Aceh boleh'. 'Apakah kamu tidak marah?' 'Ya saya marah, bagaimana tidak marah, tetapi saya marah berapa lama sih'? 'Apakah kamu akan ngamuk-ngamuk?' Dijawab 'nggak ngamuk saya'," jawab Irwandi menirukan pembicarannya dengan istri pertama.

photo

Istri dari tersangka Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf, Darwati A. Gani. (Republika/Iman)

Namun, Irwandi mengaku istri pertamanya, Darwati A Gani, kenal dengan Steffy Burase. Terkait dengan pesan WhatsApp kepada istri Irwandi dari Steffy perihal permohonan izin menikah, menurut Irwandi, hanya untuk mengecek reaksi istri pertamanya.

"(Tulisan) itu bukan dari HP Steffy, melainkan saya ketik untuk melihat bagaimana reaksi istri saya apakah memungkinkan untuk menikahkan, ya, sudah. Saya tidak bisa ambil kesimpulan boleh atau tidak, yang tahu sudah atau belum nikah itu yang tahu saya. Sudah saya jelaskan," ungkap Irwandi.

Irwandi pun menegaskan bahwa dirinya benar mau menikah, tetapi tidak jadi. "Waktu ditangkap ditengok tidak?" tanya jaksa.

"Ditengok istri tadi barusan," jawab Irwandi.

"Kalau Steffy nengok tidak?" tanya jaksa.

"Tidak, 'kan kalau ketemu saksi tidak boleh, kalau saksi boleh nengok terdakwa, ya, nengok juga," jawab Irwandi yang disambut tawa pengunjung sidang.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA