Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Friday, 8 Syawwal 1439 / 22 June 2018

Polda Jatim Tangkap 29 Terduga Teroris

Selasa 12 June 2018 12:21 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil

Petugas melakukan olah TKP di lokasi bom bunuh diri di GPSS Arjuno, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/5).

Petugas melakukan olah TKP di lokasi bom bunuh diri di GPSS Arjuno, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/5).

Foto: Antara/Zabur Karuru
Semua terduga teroris yang ditangkap sudah diamankan di Lapas.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengungkapkan, sejak rentetan peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo hingga saat ini, pihaknya sudah mengamankan 29 orang terduga teroris. Kesemua terduga teroris tersebut diamankan di wilayah Jawa Timur.

Machfud mengungkapkan, kesemua terduga teroris yang diamankan saat ini sudah dilakukan penahanan di lembaga pemasyarakatan (Lapas). Kesemuanya itu tidak ditahan di satu tempat, melainkan dipisah di beberapa tempat penahanan. 

"Sampai sekarang sudah ada 29 teroris yang ditangkap di wilayah Jawa Timur. Semuanya dalam proses penahanan di beberapa tempat di Jawa Timur," kata Machfud saat ditemui di Mapolda Jatim, Selasa (12/6).

Baca: Warga Rungkut Mengaku Suka Diceramahi Pelaku Bom Surabaya

Machfud pun mengakui pihaknya mendapatkan kesulitan dalam melakukan penahanan terhadap para terduga teroris tersebut. Kesulitan tersebut tiada lain lantaran para terduga teroris itu bisa saja menularkan paham-paham yang dimiliki, jika disatukan dengan tahanan lainnya.

"Kesulitannya adalah memang dari Lapasnya. Lebih baik nahan 100 orang karena kasus narkotika daripada nahan teroris. Jadi kita kesulitan mencari tempat-tempat penahanan itu. Tapi Insya Allah tetap bisa diatasi," ujar Machfud.

Machfud melanjutkan, meski pihaknya sudah mengamankan 29 orang terduga teroris, tidak akan berhenti sampai di situ. Artinya, pihak Polda Jatim akan terus melakukan penangkapan orang-orang yang diduga terkait penyebaran paham radikalisme. "Tim masih tetap bergerak semuanya bekerja," kata Machfud.

Baca: Polisi Amankan Bahan-Bahan Dasar Bom dari Rumah Dita

photo

Rangkaian bom surabaya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES