Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

KPK Jadikan Polres Jaksel Sebagai Proyek Percontohan

Kamis 04 Januari 2018 19:16 WIB

Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Pelaku penjambretan di Polres Jakarta Selatan, Selasa (11/12).

[ilustrasi] Pelaku penjambretan di Polres Jakarta Selatan, Selasa (11/12).

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menyatakan Polres Jakarta Selatan akan dijadikan contoh sebagai Polres yang bebas korupsi di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya seusai menerima Kapolres Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Mardiaz Kusin Dwihananto di gedung KPK, Jakarta, Kamis (4/1).

"Pak Kapolres setuju bahwa Polres Jakarta Selatan akan dijadikan bahan percontohan untuk Polres di Indonesia di mana Polres Jaksel kan kompleksitasnya mumpuni. Setahun ini kami targetkan Polres Jaksel bisa jadi wilayah bebas korupsinya," kata Pahala di gedung KPK, Jakarta, Kamis (4/1).

Menurut dia, Mardiaz juga punya pengalaman saat masih bertugas di Medan terkait pencegahan korupsi. "Jadi, Pak Kapolres punya pengalaman di Medan di mana ia dapat penghargaan itu. Nah kami targetkan tahun ini Polres Jaksel jadi bahan percontohan. Kami akan lihat di sana untuk pelayanan publik, SKCK misalnya, kami dorong pelayanan onlinenya," tuturnya.

Selain itu, kata Pahala, pihaknya juga akan bekerja sama secara riil terkait Saber Pungli terutama dalam kepatuhan bersama Pemda DKI Jakarta. "Misalnya, kami sempat bicara aturan air tanah di gedung-gedung Jakarta dan Pak Kapolres sambut baik soal ini. Jadi, kami akan bentuk tim bersama Polres Jaksel," ujarnya.

Sedangkan untuk operasi kepatuhan, kata dia, KPK akan bekerja sama dengan Inspektorat Pemda DKI Jakarta dan juga Kapolres Jakarta Selatan. "Mekanisme kerjanya dari KPK akan datang untuk memetakan apa yang sudah ada dan belum ada tetapi intinya dalam setahun ini Polres Jaksel jadi model untuk polres-polres lainnya," kata Pahala.

Sementara itu, Mardiaz yang baru bertugas sebagai Kapolres Jaksel sekitar satu bulan itu menyatakan, bahwa dirinya telah bertemu dengan pimpinan KPK untuk mengkomunikan terkait kerja sama yang bisa dibangun salah satunya terkait Polres Jaksel yang dijadikan contoh Polres yang bebas korupsi itu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan pimpinan KPK di mana Deputi Pencegahan akan melakukan pendampingan untuk menjadikan Polres Jaksel dalam pencapaian target zona integritas wilayah bebas korupsi," ucap Mardiaz.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA