Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Minggu, 21 Ramadhan 1440 / 26 Mei 2019

Ketua MK Dilaporkan ke Dewan Etik, Ada Apa?

Rabu 06 Des 2017 16:34 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat

Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Masyarakat Selamatkan Mahkamah Konstitusi melaporkan Ketua MK Arief Hidayat ke Dewan Etik Hakim Konstitusi dengan dugaan pelanggaran etik hakim konstitusi.

"Iya, benar, kami akan melaporkan yang bersangkutan ke Dewan Etik," kata aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama Satrya Langkun di Jakarta, Rabu (6/12).

Tama menjelaskan bahwa ICW merupakan bagian dari Koalisi Masyarakat Selamatkan MK yang melaporkan Arief ke Dewan Etik Hakim Konstitusi. Laporan itu terkait dengan adanya dugaan lobi-lobi Arief Hidayat kepada anggota DPR RI terkait dengan pemilihannya kembali sebagai hakim konstitusi perwakilan DPR RI pada saat uji kelayakan dan kepatutan dirinya sebagai hakim konstitusi di DPR.

Mengenai rencana pelaporan itui juru bicara MK Fajar Laksono mengatakan bahwa laporan tersebut ditujukan kepada Dewan Etik Hakim Konstitusi sehingga MK sendiri tidak turut campur tangan terkait dengan laporan tersebut. "Itu sepenuhnya merupakan kewenangan Dewan Etik," kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar mengatakan bahwa MK akan mengikuti proses sesuai dengan tindak lanjut dari Dewan Etik terhadap laporan tersebut. Pada Rabu siang, Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon hakim konstitusi Arief Hidayat.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA