Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Terinspirasi Kartun Jepang, Pelajar Bunuh Diri dalam Lemari

Sabtu 17 Jan 2015 02:00 WIB

Rep: c16/ Red: Bilal Ramadhan

Komik manga

Komik manga

Foto: devianart

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Seorang pelajar, Rangga Arman Kusuma (16 tahun), nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Rangga ditemukan oleh saudaranya, Wiwin Dwi Winanto (35 tahun), dalam keadaan tak bernyawa tergantung di lemari pakaian rumahnya di Pancoran Timur, Jakarta Selatan pada Rabu (14/1) sekitar pukul 06.30 WIB.

Pagi itu Wiwin hendak membangunkan Rangga untuk berangkat ke Sekolah. Wiwin mengetuk pintu kamar Rangga namun tidak ada respon sama sekali dari dalam kamar. Akhirnya, Wiwin memutuskan untuk mendobrak pintu kamar Rangga yang terkunci tersebut.

Wiwin pun terkejut mendapati Rangga telah tewas dengan keadaan badan tergantung dan leher terikat sabuk berwarna coklat. Salah satu penyebab kematiannya diduga karena Rangga terinspirasi dari kartun manga. Rangga diketahui sangat menyukai kartun manga dan kerap menonton film-film kartun asal Jepang itu.

Kartun-kartun manga memang kerap digandrungi anak-anak hingga orang dewasa. Namun tak jarang kartun manga tersebut mengandung kekerasan. Bahkan ada juga yang mengajarkan bahwa mati itu merupakan jalan menuju kedamaian dan bagaimana cara bunuh diri dengan perlahan dan damai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA