Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Hebat, Lapangan Bola Ini Bisa Ubah Gerakan Pemain Jadi Energi Listrik!

Kamis 11 Sep 2014 20:30 WIB

Red: Israr Itah

Pele saat meresmikan lapangan yang bisa menghasilkan tenaga listrik di Rio de Janeiro.

Pele saat meresmikan lapangan yang bisa menghasilkan tenaga listrik di Rio de Janeiro.

Foto: Silvia Izquierdo-AP Photo

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Legenda sepak bola Brasi Pele meluncurkan lapangan sepak bola tiruan yang revolusioner. Lapangan ini bisa mengubah gerakan pemain menjadi energi listrik.

Lapangan ini terletak di perkampungan kumuh (favela) Morro da Mineira di Rio. Dalam lapangan ini disusun 200 ubin kinetis untuk menangkap energy dari gerakan pemain dan menghasilkan tenaga.

Digabungkan dengan energi dari panel tenaga  matahari, listrik yang dihasilkan oleh para pemain yang bergerak di atas lapangan ini dapat memproduksi tenaga untuk menyalakan enam lampu LED. Jadi, anak-anak di sekitar lapangan ini bisa bermain aman pada malam hari.

Lapangan baru ini dimordenasisasi oleh Shell, menggunakan teknologi yang dikembangkan perusahaan Inggris, Pavegen. Laurence Kemball-Cook, CEO dan pendiri Pavegen, berharap lapangan ini bisa mengubah pandangan orang-orang tentang energi.

 “Sungguh mengagumkan melihat ini selesai diinstalasi hari ini. Butuh waktu kurang dari sepekan untuk menginstalasinya,” kata dia seperti dikutip Telegraph, Kamis (11/9). “Kami secara efektif mengubah komunitas ini menjadi sebuah percobaan ilmu pengetahuan secara nyata. Ini  belum pernah dilakukan sebelumnya dalam skala ini atau pada lapangan sepak bola.”

Morro da Mineira, adalah bagian dari kompleks favela São Carlos di utara Rio. Di tempat ini lebih dari 15 ribu orang tinggal.

Dalam kesempatan ini, Pele mengatakan bahwa awalnya ia berpikir hanya akan meresmikan lapangan tiruan biasa. “Saya tak menduga lapangan ini bisa memproduksi energi. Ini yang pertama di dunia,” ujarnya kagum.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA