Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Evakuasi Korban Longsor Bogor Beresiko Tinggi

Senin 27 February 2012 13:48 WIB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Upaya evakuasi korban jiwa dalam insiden tanah longsor di Kampung Cun Pok, Kelurahan Gudang, Bogor Tengah, terus dilakukan. Ketua Tagana Kota Bogor, Surya Kelana, mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan jasad korban. "Bagian kepala sudah ditemukan. Tapi kami masih kesulitan melakukan evakuasi," kata dia, Senin (27/2).

Surya menjelaskan, kondisi medan yang dihadapi tergolong berbahaya dan beresiko tinggi. Hal ini karena terdapat puing-puing bangunan yang riskan runtuh. "Antara satu rumah dengan rumah yang lain saling bertumpukan. Keselamatan para relawan juga harus kita perhatikan," ujarnya. Posisi jasad korban Eweng Fatimah (70 tahun) sendiri terletak di bagian bawah puing-puing itu.

Pada hari kedua upaya evakuasi, lanjut Surya, pihaknya mengerahkan 389 personel yang terdiri dari relawan dan gabungan beberapa unsur. Untuk menjaga puing-puing bangunan tidak runtuh, pihaknya menggunakan peralatan-peralatan sederhana seperti dongkrak manual. "Sebenarnya diperlukan alat berat. Tapi lokasi yang terletak di tengah pemukiman padat penduduk tidak memungkinkan."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA