Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Sukabumi Gulirkan Terobosan Dana Stimulans Danakitri

Selasa 23 Jul 2019 02:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Pameran Produk UMKN IWAPI. Calon konsumen memilih tas pada pameran produk UMKM Gelanggang Dagang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Pameran Produk UMKN IWAPI. Calon konsumen memilih tas pada pameran produk UMKM Gelanggang Dagang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Foto: Antara/R. Rekotomo
Pelaku ekonomi kreatif memiliki program dan produksi karya yang terus berlanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Para pelaku ekonomi kreatif di Kota Sukabumi didorong untuk menghasilkan program dan karya unggulannya. Caranya dengan dilibatkan dalam kegiatan Danakitri atau Sukabumi Creative Financing Forum yang merupakan salah satu program kerja Sukabumi Creative Hub (SCH).

Baca Juga

"Danakitri digulirkan untuk memberikan dana stimulant kepada para pelaku ekonomi kreatif di Kota Sukabumi,’’ ujar Rendy Irlian Kamase, Manager Program Sukabumi Creative Hub dalam jumpa pers disela-sela Sosialisasi Danakitri di Hotel Maxone, Ahad (21/7).
 
Program ini diluncurkan dalam upaya mendukung pertumbuhan dan perkembangan para pelaku ekonomi kreatif. Harapannya pelaku ekonomi kreatif memiliki sebuah program dan produksi karya yang terus berlanjut.
 
Ia menerangkan kata Danikitri diambil dari bahasa sansakerta yang artinya adalah “Kemasyhuran. Diharapkan kata ini menginspirasi program Sukabumi Financing Forum ini dapat memasyhurkan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Sukabumi. 
 
Rendy menerangkan, program Danakitri ini terdiri dari beberapa acara yang akan dilaksanakan dari Bulan Juli hingga Desember 2019. Rangkaian acara tersebut antara lain; Workshop/Sosialisasi  pada 21 Juli  2019), periode pengiriman berkas proposal kegiatan 21 Juli-15 Agustus 2019.
 
Selanjutnya periode kurasi berkas 16-19 Agusturs 2019 dan pengumuman seleksi 20 Agustus 2019. Puncaknya kegiatan Danakitri Awards  pada 24 Agustus 2019 dan periode pelaksanaan kgiatan  pada rentang waktu 25 Agustus-31 Desember 2019.  
 
Salah satu rangkaian acara Danakitri, yaitu sosialisasi Danakitri yang dilaksanakan Ahad. Peserta yang terlibat sebanyak kurang lebih 119 komunitas dari 16 subsektor pelaku kreatif akan diundang pada sosialisasi tersebut. 
 
Targetnya kata Rendy, ada sebanyak 70 proposal yang mengajukan kegiatan dalam program Danakitri. Nantinya akan dipilih sebanyak 20 proposal baik perorangan maupun kelompok yang mempresentasikan kegiatannya.  Sehingga nantinya akan ditetapkan proposal yang akan mendapatkan dana stimulans dalam Danakitri.

Sekretaris Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) M Arief Budiman  memberikan apresiasi atas digulirkannya program Danakitri. ‘’ Program ini merupakan terobosan dalam pengembangan ekonomi kreatif,’’ cetus dia. Harapannya dapat menjadi bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA