Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Pelaku Wisata Diminta tak Lakukan Tindakan Rugikan Wisatawan

Jumat 31 Mei 2019 15:19 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Reiny Dwinanda

Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest

Foto: Republika
Bupati Banyumas serukan peringatan agar pelaku wisata tak rugikan wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Bupati Banyumas Achmad Husein meminta semua pelaku wisata tidak melakukan penipuan sekecil apapun kepada wisatawan. Hal itu ia serukan untuk menyambut kunjungan wisatawan ke berbagai obyek wisata di Banyumas selama masa liburan.

''Pelaku wisata tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan wisatawan. Hal itu perlu ditegaskan agar wisata Banyumas benar-benar mbetaih dan ngangeni,'' jelas Bupati saat memimpin apel siaga gelar pasukan pengamanan gabungan pariwisata di Baturraden, Jumat (31/5).

Apel tak hanya diikuti oleh para pengelola obyek wisata di Banyumas, melainkan juga diikuti oleh jajaran TNI, Polri, Dinporabudpar, Satpol PP, Dinhubkominfo, PMI, Puskesamas, Perhutani, Tim SAR, RAPI, PMPB, Pramuka, Jaga Baya, dan Linmas. Dalam pelayanan yang diberikan pada wisatawan di Banyumas, Bupati mengaku masih sering mendengar adanya keluhan yang disampaikan wisatawan.

Di antara kasusnya, Bupati Banyumas menyebut wisatawan ada yang mengaku menjadi korban penipuan penjualan bonsai palsu. Wisatawan juga ada yang mengeluhkan petugas parkir nakal yang menarik tarif parkir di atas ketentuan.

Dia menyebutkan, kejadian-kejadian tersebut akan sangat merugikan nama baik obyek wisata di Baturraden. ''Dampaknya, wisatawan bisa semakin enggan berkunjung ke Baturraden,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta personil yang terlibat dalam Pamgab Pariwisata dapat menjalin komunikasi, koordinasi, dan kerja sama yang baik dengan seluruh pihak terkait untuk meningkatkan pelayanan bagi wisatawan, seperti dalam hal pengaturan lalu lintas di lokasi rawan, mengantisipasi penumpukkan pengunjung, dan persoalan-persoalan lainnya.

''Ciptakan suasana tempat wisata yang nyaman, tidak macet. Atur lalu lintas secara baik agar pengunjung senang ke Banyumas,'' katanya

Kepala Dirporabudpar Kabupaten Banyumas Azis Kusumandani, mengatakan selama masa libur lebaran ini pihaknya telah menerjunkan 174 personel dari berbagai instansi dan organisasi serta membuat 20 Pos Pengamanan Gabungan Pariwisata di berbagai obyek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Dari jumlah itu, 16 pos berada di Baturraden, sisanya tersebar di beberapa tempat lain, seperti di Balai Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Pangsar Sudirman, dan Kalibacin,'' jelasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA