Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan ke PPK

Selasa 09 Apr 2019 17:09 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Andi Nur Aminah

Distribusi logistik Pemilu 2019  (ilustrasi)

Distribusi logistik Pemilu 2019 (ilustrasi)

Foto: Antara/Aji Styawan
Seluruh surat suara sudah dimasukkan dalam kotak suara yang tersegel.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jajaran KPU di tingkat kabupaten, mulai mendistribusikan segala kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan, Red) Selasa (9/4). Berbagai logistik yang didistribusikan, meliputi kotak suara, surat suara dan berbagai kebutuhan logistik pemilu seperti tinta dan alat tulis lainnya.

Baca Juga

Untuk KPU Banyumas, pengiriman logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini hingga 13 April 2019. "Pada 9 April hingga 12 April, dilakukan pengiriman kotak suara dan surat suara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD. Sedangkan tanggal 13 April, baru akan dilakukan pengiriman kotak suara pemilihan presiden berikut surat suaranya," jelas Ketua KPU Banyumas, Imam Arif Setiadi.

Dia menyebutkan, dalam proses pengiriman logistik tersebut, seluruh surat suara sudah dimasukkan dalam kotak suara yang tersegel. Segel kotak suara ini baru bisa dibuka pada saat hari H pemilihan, oleh petugas di masing-masing TPS dengan disaksikan seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemilu di TPS.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Imam menyatalkan, pengiriman kotak suara dan seluruh logistik pemilu, mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Demikian juga saat masih tersimpan di PPK serta proses distribusi ke PPS dan TPS, juga akan mendapat pengawalan pihak kepolisian.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan KPU, tahapan pengiriman logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK, akan berlangsung hingga 13 April 2019. Kemudian tahapan pengiriman logistik dari PPK ke PPS di tingkat desa, akan berlangsung sejak 14 April hingga 16 April 2019. Sedangkan distribusi logistik dari PPS ke TPS, hanya dilakukan 1 hari pada 16 April 2019.

Selain KPU Banyumas, proses pengiriman logistik juga mulai dilakukan KPU Kabupaten Kebumen, Selasa (9/4). Proses pengiriman logistik dari Gudang KPU di Jalan Indrakila Kabupaten Kebumen ke PPK ini, juga mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Bahkan dalam acara pelepasan logistik pemilu yang secara simbolik dilakukan Ketua KPU Kebumen Yulianto, juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu, Kesbangpol dan Kapolres Kebumen yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Cipto Rahayu.

"Proses pengiriman logistik pemilu ini memang akan mendapat pengawalan ketat dari anggota Sat Samapta Polres Kebumen dengan cara melekat kepada truk yang membawa logistik. Kita harus pastikan logistik pemilu bisa sampai dengan selamat di PPK," jelasnya.

Ketua KPU Yulianto, menyebutkan kebutuhan logistik yang didistribusikan ke PPK meliputi kotak suara, surat suara, berikut seluruh kelengkapan logistik pemungutan suara. "Setelah sampai di PPK, pengamanan akan dilanjutkan oleh petugas masing-masing Polsek dan Koramil," jelasnya.

Dia menyebutkan, proses pendistribusian logistik dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari atau paling tidak pada H-5 seluruh logistik pemilu ini sudah terkirim di seluruh PPK. Sedangkan distribusi dari PPK ke PPS, dijadwalkan selesai pada H-2 sebelum pemilu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA