Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

PPK Mulai Distribusikan Logistik ke PPS

Senin 15 Apr 2019 16:45 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo melantik 10 panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan di kantor KPU Solo, Rabu (2/1). Dengan adanya PPK tambahan tersebut, jumlah PPK di masing-masing kecamatan menjadi lima orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo melantik 10 panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan di kantor KPU Solo, Rabu (2/1). Dengan adanya PPK tambahan tersebut, jumlah PPK di masing-masing kecamatan menjadi lima orang.

Foto: Republika/Binti Sholikah
Total terdapat 54 PPS di 54 kelurahan di Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lima kecamatan Kota Solo mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum 17 April 2019 ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), Senin (15/4). Total terdapat 54 PPS di 54 kelurahan di Solo.

Ketua PPK Serengan, Fredy Setio Oktafianto, mengatakan, semua PPK pada H-2 Pemilu melakukan pergeseran logistik dari PPK ke PPS atau dari kecamatan ke kelurahan.

"Terus besok pagi (Selasa, 16/4) atau H-1 distribusi logistik dari PPS kelurahan ke TPS. Totalnya ada tujuh PPS dan 155 TPS di Kecamatan Serengan," jelasnya kepada wartawan, Senin (15/4).

Pendistribusian logistik dari PPK ke PPS dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Logistik diangkut dengan mobil boks secara bergiliran dengan jasa Pos Indonesia dan dikawal ketat oleh petugas. Menurutnya, sejauh ini proses pendistribusian logistik berjalan lancar.

"Untuk kotak suara per PPS sudah ada jumlahnya sendiri-sendiri. Pendistribusiannya ada pengamanan dari kepolisian mulai dari pengangkutan, perjalanan sampai diturunkan ke PPS," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Nurul Sutarti, mengatakan, sesuai jadwal, pendistribusian logistik dari PPK ke PPS dilakukan pada 15 April 2019. Selanjutnya distribusi logistik dari PPS ke TPS pada 16 April 2019.

Sebelumnya, proses sortir dan lipat surat suara sudah diselesaikan pada Sabtu pekan lalu. Kemudian dipak di masing-masing kotak suara. Dia memastikan logistik yang didistribusikan sudah lengkap, mencakup kotak suara, surat suara, sampul formulor C1 plano, dan sebagainya.

"Sejauh ini belum ada kendala. Namun, kami minta lebih teliti, masing-masing PPK dan PPS terlibat untuk memastikan datanya benar," terang Nurul.

Di sisi lain, KPU Kota Solo juga telah melakukan simulasi penghitungan suara. Simulasi tersebut melibatkan 25 operator sistem informasi dan teknik informatika.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA