Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Mendagri: Pemerintah Siap Bantu KPU Sukseskan Pemilu

Kamis 11 Apr 2019 13:25 WIB

Red: Ratna Puspita

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan pemaparan saat kuliah umum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan pemaparan saat kuliah umum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019).

Foto: Antara/Didik Suhartono
Kemendagri mengapresiasi KPU sudah melakukan 99,9 persen persiapan Pemilu 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sudah melakukan 99,9 persen persiapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. Ia mengatakan, pemerintah selaku mitra penyelenggara pemilu siap membantu KPU menyukseskan pesta demokrasi itu.

Baca Juga

"Persiapan dari penyelenggara sudah 99,9 persen kita apresiasi. Kita pemerintah mitra KPU, kita ''back up'' KPU, jangan sampai tugas KPU terhambat," ujar Tjahjo Kumolo dalam acara Pembekalan Tim Pemantuan Pemilu Serentak Tahun 2019, di Kemendagri, Jakarta, Kamis (11/4).

Tjahjo mengatakan pemerintah daerah bisa membantu penyediaan makanan, minuman serta anggaran sesuai kebutuhan penyelenggaraan pemilu di daerah, sepanjang diputuskan bersama dengan DPRD setempat. Saat ini dari sisi perekaman KTP elektronik, sebagai persyaratan menggunakan hak pilih, menurut Tjahjo sudah berjalan baik. Hanya Papua dan Papua Barat yang persentase perekaman KTP elektroniknya dibawah 85 persen.

Kemendagri sendiri sudah menginstruksikan tim pemantau pemilu di posko Kemendagri bekerja selama 24 jam dengan dipimpin eselon I secara bergiliran. "Semua kementerian pasti ada tim pemantau. Ada juga tim pemantau dari pihak swasta, dari media, termasuk pemantau luar negeri," tutur Tjahjo.

Di sisi lain Tjahjo juga berharap pers dengan daya kritisnya dapat menyampaikan apa saja kendala-kendala penyelenggaraan pemilu di daerah melalui pemberitaan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA