Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

RS PKU Muhamamdiyah Solo Buka Kelas Yoga Ibu Hamil

Ahad 24 Mar 2019 14:18 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani

RS PKU Muhamamdiyah Solo Buka Kelas Yoga Ibu Hamil

RS PKU Muhamamdiyah Solo Buka Kelas Yoga Ibu Hamil

Foto: Binti Sholikah / Republika
Kelas yoga bagi ibu hamil digelar secara rutin setiap Selasa dan Sabtu

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo membuka kelas yoga bagi ibu hamil atau Prenatal Gentle Yoga. Pembukaan secara resmi dilalukan di acara Grand Launching Prenatal Gentle Yoga di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhamamdiyah Solo, Sabtu (23/3).

Ketua Panitia, Nugrahani Utami, mengatakan, acara Grand Launching Prenatal Gentle Yoga tersebut bertujuan membuka secara resmi kelas yoga bagi ibu hamil secara rutin setiap Selasa dan Sabtu di RS PKU Muhammadiyah Solo. Pembukaan kelas yoga ibu hamil tersebur bertujuan selain memberikan pengetahuan yang benar kepada ibu hamil tentang kehamilan dan proses persalinan, juga mempersiapkan secara mental dan fisik.

"Jadi ibu-ibu hamil tidak mendengarkan info-info salah. Tapi kita berdayakan ibu-ibu hamil 100 persen percaya diri, mengenali dirinya sendiri, dan lebih aware terhadap bayinya," terangnya saat ditemui Republika di sela-sela acara.

photo

Yoga untuk ibu hamil (Binti Sholikah / Republika)



Untuk dapat mengikuti kelas yoga, syaratnya ibu hamil harus sehat dan tidak terbatas usia kehamilan. Namun, disarankan usia kehamilan lebih dari 20 pekan karena plasenta sudah kuat. Syarat lainnya, tidak ada kontraindikasi seperti tekanan darah terlalu tinggi, pasien pusing, plasenta ada di bawah, atau sering keguguran.

Setelah itu mendaftar melalui pesan singkat ke RS PKU Muhammadiyah Solo. Kemudian, pada hari yang dijadwalkan dokter akan memeriksa kondisi kehamilan. Setelah dinyatakan sehat, ibu hamil bisa mengikuti yoga. Sesi yoga dilaksanakan sekitar 60-90 menit. Kemudian dilanjutkan sesi konsutasi kehamilan dan diskusi sekitar 30 menit.

Peserta dibatasi lima orang setiap sesi. Sebab, pada saat yoga tidak boleh ada gerakan yang salah. Jika ada gerakan salah, maka akan menyebabkan keluhan baru. Untuk mengikuti kelas yoga ibu hamil, peserta hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 75 ribu dalam satu pertemuan. Namun, RS PKU Muhamamdiyah Solo menawarkan promo selama tiga bulan ini ada tarif paket Rp 250 ribu untuk empat kali pertemuan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA