Friday, 18 Syawwal 1440 / 21 June 2019

Friday, 18 Syawwal 1440 / 21 June 2019

Dinkes Targetkan Vaksinasi Polio 49 Ribu Anak Biak

Sabtu 23 Mar 2019 10:20 WIB

Red: Friska Yolanda

Seorang Bidan menyiapkan vaksin untuk disuntikkan kepada balita saat imunisasi (ilustrasi)

Seorang Bidan menyiapkan vaksin untuk disuntikkan kepada balita saat imunisasi (ilustrasi)

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Pekan imunisasi nasional berlangsung 18-25 April.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, menargetkan  49.344 anak di bawah usia 15 tahun mendapat vaksin polio untuk pencegahan terhadap penyakit lumpuh bagi mereka di wilayah paling timur Indonesia itu. Vaksin diberikan pada anak usia nol hingga 15 tahun.

"Pemberian vaksin polio di Kabupaten Biak untuk menjaga bebas penyakit polio, ya ini harus menjadi komitmen bersama semua elemen masyarakat menjaga anak-anak Biak," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Sabtu (23/3).

Baca Juga

Ia menyebutkan pelaksanaan Pekan Imunisasasi Nasional (PIN) berlangsung serentak mulai 18-25 April 2019 di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua. Pemberian imunisasi kepada anak sebagai proses untuk membuat seseorang kebal terhadap suatu penyakit.

Pemberian imunisasi vaksin polio, kata Ruslan, untuk membangun kekebalan tubuh anak dari suatu penyakit karena tubuh akan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. "Agar antibodi tersebut terbentuk, maka anak-anak Biak harus diberikan vaksin polio, ini bentuk pencegahan nyata Pemkab Biak Numfor dalam upaya menjaga wilayah Biak tetap bebas penyakit polio," kata Ruslan Epid.

Ia mengharapkan peran orang tua, para guru, kepala sekolah, dan petugas layanan kesehatan di puskesmas untuk mendukung program pemberian vaksin polio untuk anak-anak di Kabupaten Biak Numfor.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA