Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Jokowi: Indonesia Siap Selenggarakan MotoGP di Mandalika

Senin 11 Mar 2019 19:01 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menjadi penyelenggara event olah raga Internasional, MotoGP 2021 di Mandalika.

Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menjadi penyelenggara event olah raga Internasional, MotoGP 2021 di Mandalika.

Foto: Kemenpora
Jokowi menegaskan hal tersebut saat bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpelata.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika. Jokowi menegaskan hal tersebut saat bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpelata dan Presiden Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer. 

Ia menjelaskan, dalam pertemuan itu, CEO Dorna Carmelo ingin mendapatkan kepastian dan keyakinan terkait kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan ajang balap ini. "Ini tadi Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Saya sampaikan, kita siap," ujar Jokowi di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3).

Jokowi menambahkan sudah ada tanda tangan kerjasama antara ITDC dan Dorna untuk penyelenggaraaan MotoGP pada 2021. Presiden menegaskan, pemerintah dan masyarakat harus optimistis dalam menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika nanti. 

"Siap. Asian Games yang mendatangkan 35 atlet saja kita siap mengorganisasi kok. Kita harus optimis," kata dia.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga menanyakan berbagai hal yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan ajang MotoGP di Mandalika nanti. Usai mendapatkan laporan, Jokowi menyampaikan akan segera menindaklanjuti berbagai hal yang dibutuhkan tersebut. 

photo
Ruas jalan gerbang barat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. Di kawasan pariwisata yang dikelola Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan konsep “Street Circuit”. (ANTARA)

Menurut Jokowi, investasi pembangunan infrastruktur ajang MotoGP di Mandalika ini juga diperlukan untuk mendongkrak pariwisata di daerah sekitar. Karena itu, ia pun meyakini pembangunan infrastruktur ini akan memberikan manfaat baik di bidang olahraga maupun pariwisata. 

"Saya kira, ya, kita memang harus berani melangkah menyiapkan, memang tugasnya Pak Menpora untuk kita nanti memiliki sirkuit di Mandalika," ujar Jokowi. 

Jokowi juga menceritakan kekaguman CEO Dorna terhadap sirkuit MotoGP di Mandalika yang memiliki pemandangan yang sangat menarik dan indah. "Tadi Mr Carmelo menyampaikan bahwa ini adalah street circuit yang katanya sangat indah sekali, mepet dengan pantai," kata dia.

Dalam pertemuan ini, Jokowi menyempatkan diri melihat-lihat beberapa motor balap yang akan digunakan dalam ajang MotoGP. Ia juga tampak menjajal menaiki salah satu motor yang berada di halaman Istana Kepresidenan Bogor. 

Sebelumnya, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan menyampaikan pembangunan jalan dasar untuk sirkuit akan dimulai pada Oktober mendatang. Sirkuit MotoGP yang akan dibangun itupun sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, NTB. 

Pembangunan jalan dasar untuk sirkuit ini menggunakan dana investasi dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang akan cair sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun ini. MotoGP Indonesia 2021 ini akan menggunakan konsep sirkuit jalanan. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA