Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Nelayan Pandeglang Sudah Bisa Melaut Lagi

Ahad 24 Feb 2019 18:00 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Nelayan di Pandeglang sudah melakukan aktivitasnya kembali, Ahad (24/2).

Nelayan di Pandeglang sudah melakukan aktivitasnya kembali, Ahad (24/2).

Foto: Dok Republika.co.id
Penyaluran bantuan tersebut merupakan penyaluran yang ketiga kalinya.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG --- Berulang kali Kasman mengucap syukur. Ia begitu senang karena kapal miliknya yang rusak akibat bencana tsunami yang menerjang selat Sunda beberapa bulan lalu kini sudah bisa beroperasi lagi. Kasman bisa melaut lagi, mencari ikan di Selat Sunda.

Baca Juga

“Kapalnya sudah bisa digunakan lagi untuk cari ikan di laut, saya dan teman-teman nelayan lainnya senang dan bersyukur atas bantuannya,” kata Kasman.

Kasman merupakan satu dari beberapa nelayan di Pandeglang Banten yang memperoleh bantuan perbaikan kapal dari Solo Peduli dan Harapan Dhuafa. Peresmian perbaikan kapal  dilakukan di Kampung Kalapa Koneng, Desa Banyuasih Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten.

Dua lembaga itu menyalurkan bantuan berupa perbaikan 20 kapal. Selain itu juga bantuan permodalan untuk 20 kelompok nelayan, dan penyaluran sembako bagi 400 warga yang menjadi korban bencana tsunami di Pandeglang Banten. Selain itu, di lakukan juga  penanaman 1000 pohon produktif di wilayah terdampak bencana dan wilayah rentan bencana. 

Direktur Umum Solo Peduli, Sidik Anshori mengatakan penyaluran bantuan tersebut merupakan penyaluran yang ketiga kalinya dilakukan bagi warga Pandeglang yang terdampak tsunami beberapa waktu lalu. 

“Kami hadir di Banten untuk memberikan bantuan kepada para korban tsunami Desember tahun lalu. Saat ini kami akan launching  aktifitas nelayan yang telah kita bantu permodalan, ada 20 kelompok nelayan. Harapan kami dengan permodalan ini, ekonomi disini bisa segera bangkit serta recoveri pasca bencana bisa cepat selesai. Semoga berbagai program ini bisa bermanfaat,” kata Sidik dalam rilis yang diterima Republika.co.id pada Ahad (24/2).

Sidik pun mengapresiasi para donatur yang telah mendonasikan hartanya untuk membantu para nelayan di Pandeglang bisa melaut lagi. Menurutnya, Solo Peduli akan terus melakukan pendampingan program-program pemberdayaan  sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat setempat.

“Jadi kami akan terus melakukan pendampingan secara berkelompok  melalui relawan kami yang ada di Banten. Nanti kalau warga sudah mandiri dan perekonomiannya sudah normal dan bangkit kembali baru kami lepas. Silahkan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi menumbuhkan dan membangkitkan perekonomian mereka bisa menghubungi Solo Peduli, dana yang masuk ke kami akan segera kami salurkan untuk mereka,” katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA