Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

94 Warga Mengungsi Akibat Longsor di Kuningan

Selasa 12 Feb 2019 22:13 WIB

Red: Andi Nur Aminah

 Ilustrasi tanah longsor.

Ilustrasi tanah longsor.

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Warga diungsikan karena longsor mengancam tempat tinggal mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Longsor yang terjadi di Desa Cimenga, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyebabkan 94 orang dari 33 KK terpaksa diungsikan. Mereka diungsikan karena rumah yang mereka tinggali terancam longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Selasa, menuturkan ada sebanyak 26 unit rumah milik warga yang berada di bawah bukit terancam longsor. "Untuk warga yang diungsikan sendiri sebanyak 94 jiwa dari 33 KK," kata Agus.

Menurutnya, diungsikannya warga dari rumah mereka, dikarenakan longsor mengancam tempat tinggalnya. Di mana sebuah tebing sepanjang kira-kira 150 meter, tinggi 150 meter dan lebar 60 meter mengalami longsor. "Sedangkan jarak ujung longsor dan rumah warga hanya 250 meter, tentu itu sangat membahayakan," ujarnya.

Kejadian longsor di Desa Cimenga, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, itu diakibatkan intensitas hujan yang tinggi beberapa hari ini. Akibatnyta, tanah di kawasan tersebut menjadi gembur.

Agus mengatakan, hujan yang terjadi pada Ahad (10/2), mengguyur daerah itu dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB. "Selain mengancam rumah, longsor juga menyebabkan akses jalan menuju daerah itu terputus," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA