Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Bukit Cigedud, Objek Wisata Unggulan Baru di Kota Sukabumi

Senin 11 Feb 2019 07:09 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Warga berfoto di kawasan wisata unggulan baru Kota Sukabumi di Bukit Cigedud, Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi Ahad (10/2). Kawasan wisata ini merupakan hasil swadaya masyarakat.

Warga berfoto di kawasan wisata unggulan baru Kota Sukabumi di Bukit Cigedud, Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi Ahad (10/2). Kawasan wisata ini merupakan hasil swadaya masyarakat.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Bukit Cigedud yang lokasinya berdekatan dengan kawasan agroeduwisata Cikundul.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi terus mengembangkan kawasan wisata. Salah satunya dengan membuka obyek wisata baru di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Obyek wisata tersebut adalah Pesona Bukit Cigedud yang lokasinya berdekatan dengan kawasan agroeduwisata Cikundul (KAC). Lokasi wisata tersebut menawarkan pemandangan Kota Sukabumi dari atas perbukitan dan bisa menjadi lokasi favorit untuk swafoto.

'' Sebelumnya Cikundul terkenal dengan lima hal,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela-sela peresmian pesona Bukit Cigedud Ahad (10/2).

Dalam peresmian wisata baru itu hadir Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati dan Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami.

Fahmi menerangkan, lima hal tersebut yakni wisata pemandian air panas, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, kandang sapi, peternakan ayam, dan kuburan atau pemakaman Cina. Dari lima ciri khas daerah itu hanya satu yang bernuansa wisata yakni pemandian air panas Cikundul.

Namun kata Fahmi kini hadir obyek wisata baru di Cikundul yakni Bukit Cigedud yang digagas warga terutama Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan aparat kelurahan. Hal ini menunjukkan Sukabumi terus berbenah dan menata kawasan wisata.

Pengembangan wisata ini ungkap Fahmi disebabkan saat ini secara umum yang jadi unggulan negara dari berbagai belahan dunia adalah pariwisata. Sebabnya tidak semua negara memiliki obyek wisata. Akan tetapi Indonesia memiliki potensi wisata di setiap daerah.

Termasuk tutur Fahmi, kawasan wisata Cikundul Kota Sukabumi. Kawasan ini akan terus dibangun dan mendapatkan dukungan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami.

‘’ Kami berharap obyek wisata Cigedud menjadi alternatif wisata alam,’’ ujar Fahmi.

Terlebih wisata alam di Kota Sukabumi sangat minim karena luasan wilayah kota yang terbatas. Maeskipun demikian terang Fahmi, pemkot optimistis dengan adanya tangan kreatif dari Kementrian Pariwisata dan warga dalam menggerkan potensi wisata alam. Khususnya dalam membranding atau mengemas kawasan wisata dengan baik dan dipromosikan kepada masyarakat luas. Sehingga warga dari domestik maupun luar daerah berdatangan ke obyek wisata di Sukabumi.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengatakan, meskipun wilayahnya sedikit namun Kota Sukabumi ternyata masih ada lahan yang luas dan kosong.

‘’Salah satunya di Cikundul ada potensi wisata yang bisa terus dikembangkan,’’ kata dia.

Reni mengatakan, kalangan DPR akan turut mendorong pengembangan wisata di Kota Sukabumi. Termasuk di kawasan Cikundul yang sudah mulai muncul dan akan didorong menjadi kawasan wisata yang luar biasa.

Menurut Reni, pergerakan ekonomi dunia saat ini mengarah pada sektor wisata. Di mana devisa negara dari pariwisata menempati posisi kedua setelah yang pertama migas atau kelapa sawit. Namun ia yakin wisata akan terus berkembang dibandingkan kelapa sawit yang kemungkinan berkurang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA