Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Kebakaran Hutan Landa Area Gunung Salak di Sukabumi

Jumat 08 Nov 2019 07:06 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Kebakaran hutan (ilustrasi)

Foto: Dok Koramil 1203/Kawalu
Informasi dari warga kebakaran terjadi pada sore menjelang malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peristiwa kebakaran hutan melanda kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang berada di Kabupaten Sukabumi, Kamis (7/11) malam. Lokasi kebakaran tepatnya berada di Blok Legok Ipong Pasir Malang, Kampung Cihadeuleum, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga

Informasi terakhir kebakaran hutan tersebut telah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan. Menurut informasi warga, kebakaran berawal dari munculnya asap tebal di sekitar hutan yang berada di sekitar Gunung Salak. "Informasi dari warga kebakaran terjadi pada sore menjelang malam," ujar Kasi Trantib Kecamatan Cidahu, Subandi kepada wartawan Kamis malam.

Dia mengatakan ada sejumlah titik lokasi kebakaran di kawasan tersebut. Kejadian ini lanjut dia disikapi dengan upaya pemadaman yang dilakukan aparat pemerintah, komunitas, dan warga setempat. Namun diakuinya medan lokasi kebakaran cukup berat karena jauh dari sumber air.

Akibatnya warga dan petugas gabungan memadamkan dengan peralatan seadanya. Diperkirakan lahan yang terbakar cukup luas dan belum dipastikan jumlahnya. Hasilnya kata Subandi, ada beberapa titik yan berhasil dipadamkan dan titik lainnya masih mengeluarkan asap.

Namun pada Jumat (8/11) pagi dilaporkan kobaran api sudah berhasil dipadamkan secara keseluruhan. Menurut Subandi, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa baik luka-luka maupun meninggal. Sementara penyebab dari kebakaran masih diselidiki petugas kepolisian. Namun hingga kini aparat masih memantau lokasi karena dikhawatirkan lahan tersebut kembali terbakar. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA