Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

 

Tingkat Kecelakaan Musim Mudik Tahun Ini Turun Drastis

Senin 03 Jun 2019 15:16 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ratna Puspita

Mudik Gratis Sepeda motor dengan Kapal Laut. Sejumlah pengendara motor menaiki kapal laut Ro-Ro di Dermaga ex Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/6).

Mudik Gratis Sepeda motor dengan Kapal Laut. Sejumlah pengendara motor menaiki kapal laut Ro-Ro di Dermaga ex Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/6).

Foto: Fakhri Hermansyah
Angka kecelakaan H-7 sampai H-3 Lebaran turun dari 703 menjadi 284 kasus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan mencatat tingkat angka kecelakaan pada mudik lebaran tahun ini menurun drastis jika dibandingkan musim mudik 2018. Angka kecelakaan pada periode H-7 hingga H-3 Lebaran tahun ini tercatat sebanyak 284 kasus. 

Baca Juga

Jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, angka kecelakaan tercatat sebanyak 703 kasus. "Ini khusus H-3 ya. Total kecelakaan 64 kasus. Pada H-3 lebaran 2018, total kecelakaan mencapai 138 kasus. Jadi, turunnya sampai 54 persen," ujar Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 1440 Hijriah Sigit Irfansyah di Kementerian Perhubungan, Senin (3/6).

Sigit memperkirakan penurunan tingkat kecelakaan terjadi karena sejumlah hal. Salah satunya, masifnya mudik gratis yang disiapkan perhubungan darat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta pihak swasta. 

"Mayoritas kecelakaan memang sepeda motor, makanya kami sasar mudik gratis baik menggunakan kereta api, kapal laut, dan darat, dengan paket sepeda motor dan orangnya kami angkut," ujar Sigit.

Selain mudik gratis, Sigit meyakini mudik sudah menjadi tradisi sehingga masyarakat semakin sadar akan keamanan ketika di jalan. Menurutnya, hal itu juga bisa menekan tingkat kecelakaan. 

"Mudik bukan hal pertama dan kami lakukan sosialisasi bersama korlantas mengenai safety (keamanan) dan masyarakat lebih siap terhadap itu," tuturnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES