Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Anies Baswedan: Sumbar Punya Magnet untuk Dikunjungi

Kamis 21 Feb 2019 20:22 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Foto: Republika/Mimi Kartika
Anies Baswedan selalu merasa terkesan dengan Sumbar

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kujungan ke provinsi Sumatera Barat selalu berkesan baginya. Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengetahui banyak hal tentang Ranah Minang dari bahan bacaan. Dari berbagai buku ia banyak menyerap informasi seputar Sumbar. Terutama dari buku-buku seputar biografi atau yang ditulis oleh tokoh-tokoh besar Sumbar.

"Saya kagum dengan tokoh di Sumbar. Mereka para tokoh yang berasal dari Sumbar merupakan pendiri bangsa," kata Anies di sela-sela Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Hotel Grand Inna, Padang, Kamis (21/2).

Anies mengidolakan tokoh pendiri bangsa dari Sumbar seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, Muhammad Natsir dan banyak tokoh lainnya. Para tokoh itu kata dia punya sumbangsih besar soal pemikiran untuk mendirikan bangsa Indonesia.

Alumnus Universitas Gajah Mada itu pertama kali berkunjung ke Sumbar pada tahun 1994. Saat itu Anies masih berstatus mahasiswa dan sengaja untuk menyusuri daerah asal para tokoh-tokoh pendiri bangsa. Anies berkunjung ke Kota Padang, Kota Bukittinggi, Nagari Koto Gadang, dan Ngarai Sianok.

"Sejak pertama ke sini, saya selalu datang berkunjung berapa kali ke Sumbar. Sebab, Sumbar punya magnet tersendiri yang selalu menarik hati untuk dikunjungi," ujar Anis.

Sejak kemarin, Rabu (20/2) malam WIB, Anies kembali berkunjung ke Sumbar untuk menghadiri Rakernas APPSI. Rakernas APPSI dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia. Gubernur yang hadir selain Anis ialah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djonggala dan lain-lain.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA