Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Angin Puting Beliung di Sukabumi, BNPB: Tak Ada Korban Jiwa

Ahad 13 Jan 2019 20:14 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Israr Itah

Sebuah rumah hancur terkena angin puting beliung. (ilustrasi)

Sebuah rumah hancur terkena angin puting beliung. (ilustrasi)

Foto: Republika/Edi Yusuf
Sebanyak 40 unit rumah rusak berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Angin puting beliung menerjang tujuh desa di tiga kecamatan Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (12/1) sekira pukul 13.30 WIB. Wilayah yang terdampak yaitu Desa Ginanjar di Kecamatan Ciambar, serta Desa Panumbangan dan Desa Sindang Resmi di Kecamatan Jampang Tengah. Kemudian Desa Darmareja, Desa Kalapa Rea, Desa Girijaya, dan Desa Pawenang di Kecamatan Nagrak.

“Terjadi angin puting beliung di lokasi tersebut, dilaporkan tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Ahad (13/1).

Akibat dari angin puting beliung tersebut, kata Sutopo, sebanyak 40 unit rumah rusak berat, tujuh unit rumah rusak ringan, satu unit puskesmas rusak sedang, satu unit KUD rusak berat, satu unit kantor koramil rusak ringan, dan 59 unit kandang rusak ringan. 

“Beberapa warung pinggir jalan juga rusak dan sambungan listrik sementara terputus,” jelas dia.

Sutopo mengatakan, tim TRC BPBD Kabupaten Lamongan telah melakukan pendataan dan evakuasi. Sementara itu, hingga kini BPBD bersama personil dari Kecamatan Glagah, Kecamatan Karangbinangun, ORARI, RAPI, Polres dan Kodim melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing bangunan dan pohon.

“Masih terus dievakuasi oleh tim BPBD,” kata Sutopo.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA