Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

KA Pangrango Sementara Hanya Sampai Stasiun Cigombong

Kamis 03 Jan 2019 12:41 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).

Suasana penumpang KA Pangrango yang akan naik kereta di Stasiun Sukabumi, Selasa (4/9).

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Terjadi lonngsor di jalur lintasan rel kereta Sukabumi-Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Perjalanan kereta api (KA) Pangrango Sukabumi Bogor mengalami gangguan. Kondisi ini disebabkan bencana longsor di jalur lintasan rel kereta Sukabumi-Bogor.

Informasi dari PT KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan perjalanan sejumlah KA penumpang yang melewati lintas Bogor - Sukabumi pada Rabu (2/1) mengalami gangguan. Gangguan pada perjalanan KA kali ini disebabkan oleh longsornya tanah disekitar jalur KA. Ada 4 titik longsor di jalur lintas Bogor - Sukabumi yang mengganggu perjalanan KA.

Titik longsor tersebut yakni di petak jalan Bogor - Maseng tepatnya di Km 12 + 700, 12 + 200/ 300, 11 + 00/100, 11 + 200/300 dengan kedalaman 7 meter. Longsor diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo menerangkan, untuk menangani gangguan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menerjunkan tim. "Petugas masih melakukan penanganan," ujar dia dalam keterangan persnya Kamis (3/1).

Langkah ini kata Edy untuk meminimalisasi terganggunya perjalanan kereta api (KA) di lintas Bogor-Sukabumi. Saat ini kejadian ini mengakibatkan terganggunya perjalanan KA, sehingga dilakukan pembatalan sejumlah KA dan pemotongan relasi KA.

Selama ini ungkap Edy, lintas Bogor - Sukabumi sendiri tiap harinya dilalui 6 perjalanan KA penumpang. Pembatalan dan pemotongan relasi KA dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA.

Edy menuturkan, KA 393 Relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Maseng, dan KA 394 Relasi Bogor-Sukabumi barangkat dari Stasiun Maseng. Pada Kamis (3/1) KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor berjalan hanya sampai Stasiun Cigombong, dan KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi berjalan dari Stasiun Cigombong.

Untuk penumpang yang mempunyai tiket KA Pangrango dengan relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya lanjut Edy tiket bisa dibatalkan di stasiun terdekat dan dikembalikan 100 persen. Apabila penumpang tetap ingin menggunakan KA Pangrango, penumpang bisa membeli tiket kembali dengan relasi hanya Sukabumi-Cigombong atau sebaliknya saja.

PT KAI Daop 1 Jakarta kata Edy meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA lintas Bogor - Sukabumi. Selain itu bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA