Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Jalur Puncak Ditutup Hingga Pukul 06.00 WIB

Senin 31 Des 2018 21:31 WIB

Red: Muhammad Hafil

Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Penutupan dilakukan oleh Kakorlantas Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri menutup secara resmi jalur Puncak mulai pukul 18.10 WIB, Senin (31/12). Penutupan dilakukan di titik Pos Bandung Satu dekat rest area tol Ciawi, Senin.  

Sebelum penutupan, Kakorlantas bersama Kapolres Bogor AKBP AM Dicky dan Satlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama meninjau arus lalu lintas jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog sampai Taman Safari Indonesia (TSI).  "Pantauan sampai TSI kita liat cukup terjadi antrean kendaraan yang naik. Biasalah masyarakat merayakan pergantian tahun, kita maklumi," kata Refdi.

Refdi mengatakan, penutupan jalur Puncak telah direncanakan dan disosialisasikan sejak sepekan yang lalu. Sehingga informasi tersebut sudah tersampaikan secara luas kepada masyarakat.

Menurutnya, setelah dilakukan penutupan pada pukul 18.10 WIB, masyarakat diharapkan mematuhi aturan tersebut. Jalur Puncak akan dibuka kembali esok hari tanggal 1 Januari 2019 pada pukul 06.00 WIB.

Selama masa penutupan tersebut petugas akan melakukan penyekatan di sejumlah titik diantaranya Pos Polisi Gadog, Cimory Dua, SPBU USU, Simpang TSI, dan Gunung Mas.

Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan apabila masih ada kendaraan roda empat yang menggunakan jalur alternatif untuk menuju Puncak.

"Penutupan dikhususkan untuk kendaraan roda empat dan lebih. Khusus roda dua ada diskresi kepolisian melihat situasi di lapangan, juga mobilitas masyarakat di Puncak," kata Refdi.

Sementara itu, menjelang penutupan jalur Puncak, situasi arus lalu lintas relatif normal, tidak terjadi kepadatan arus baik di Simpang Ciawi, maupun di jalur Puncak.

Begitu pula sejak pagi harinya, kendaraan yang melintas di jalur Puncak relatif lancar. Tidak ada antrean, hingga sore menjelang.

Pada saat penutupan pun kendaraan yang melintasi tol terlihat sepi dari hari-hari sebelumnya. Informasi penutupan jalur Puncak yang masih diberitakan membuat masyarakat lebih cepat mengantisipasi dan sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA