Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Polres Pandeglang Tertibkan Posko Relawan Bantuan Tsunami

Ahad 30 Dec 2018 15:14 WIB

Red: Andri Saubani

Warga melihat laut dari shelter tsunami Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12).

Warga melihat laut dari shelter tsunami Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu (29/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Dikhawatirkan bantuan logistik tidak disalurkan secara tepat sasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Polres Pandeglang, Banten segera menertibkan posko relawan bantuan logistik. Alasannya, bantuan dikhawatirkan tidak disalurkan kepada masyarakat yang terdampak korban tsunami Selat Sunda.

"Penertiban diharapkan agar penyaluran logistik tepat sasaran," kata Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono di Pokso Terpadu Penanggulangan Bencana Tsunami di Labuan, Pandeglang, Ahad (30/12).

Posko relawan di Kecamatan Labuan untuk korban tsunami cukup bertebaran dan belum dilakukan pendataan. Kepolisian akan melakukan pendataan posko relawan untuk mengetahui kejelasan dari posko tersebut.

Warga terdampak tsunami kini tinggal di pengungsian di sejumlah kecamatan. Adapun penertiban posko relawan itu, kata Indra, guna mencegah kejahatan dengan memanfaatkan bencana tersebut.

"Kita khawatir bantuan logistik itu dijual ke pasar atau pedagang dan tidak disalurkan kepada warga yang berhak menerimanya," katanya menegaskan.

Menurut dia, sejauh ini ditemukan adanya pengungsi korban tsunami belum menerima bantuan logistik. Pendataan posko relawan itu nantinya diharapkan bisa membantu menyalurkan logistik dengan tepat sasaran.

Kehadiran posko relawan sangat membantu untuk penyaluran logistik tersebut. Namun, jika ditemukan posko relawan tidak jelas baik stuktur kelembagaan maupun organisasi juga penyaluranya akan dihentikan.

"Saya kira relawan sangat mulya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan, namun jangan sampai dinodai dengan mengeruk keuntungan," katanya.

Berdasarkan pantauan, penyaluran logistik dari berbagai elemen masyarakat maupun perusahaan kini terus mengalir ke posko terpadu juga kantor kecamatan. Penyaluran logistik itu di antaranya dibantu oleh relawan-relawan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA