Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Friday, 21 Sya'ban 1440 / 26 April 2019

Ustaz Somad akan Tausiyah 14 Tahun Tsunami Aceh

Selasa 25 Dec 2018 19:56 WIB

Red: Muhammad Hafil

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: Facebook
Tausiyah dipusatkan di halaman Masjid Tgk Chik Mahraja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dai kondang Ustaz Abdul Somad dijawalkan mengisi tausiyah peringatan 14 tahun gempa dan tsunami Aceh. Tausiyah itu dipusatkan di halaman Masjid Tgk Chik Mahraja, Gurah Gampong Lamgeu Eu Peukan Bada, Aceh Besar, Rabu(26/12).

"Alhamdulilah, Ustadz Abdul Somad (UAS) akan hadir di tengah-tengah kita untuk memberikan tausiyah. Semoga kehadiran beliau akan memberi hikmah bagi masyarakat Kecamatan Peukan Banda yang pernah terkena dampak bencana dahsyat tersebut," kata Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadhani di Banda Aceh, Selasa  (25/12).

Rahmadhani menjelaskan, UAS akan menyampaikan tausiyahnya dengan tema "Hikmah Kejadian Tsunami dan Semangat Membangun Aceh lebih Baik". Menurut dia, ada empat tujuan utama yang ingin dicapai setiap acara peringatan gempa dan tsunami Aceh, yaitu refleksi, apresiasi, mitigasi, dan promosi.

"Refleksi kejadian gempa dan tsunami masa lalu sudah selayaknya menyadarkan masyarakat betapa kecil dan tidak berdayanya manusia di hadapan kemahakuasaan Allah SWT. Setiap kejadian bencana tersebut harus menjadi ibrah sebagai introspeksi diri," katanya.

Sedangkan apresiasi adalah sebuah momen untuk mengenang dan berterima kasih kepada masyarakat nasional dan internasional atas segala dukungan dan solidaritas sosial dalam mendukung pembangunan Aceh kembali.

Sementara, mitigasi adalah Aceh berada di daerah rawan bencana khususnya gempa dan Tsunami, sehingga masyarakat harus bersahabat dengan bencana. Yakni, dengan membangun budaya siaga bencana dalam upaya mengantisipasi bencana-bencana yang mungkin terjadi di masa depan, sekaligus berbagi pengalaman kebencanaan dengan masyarakat dunia.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA