Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Pemerintah Janjikan Bangun Rumah Korban Tsunami di Lampung

Selasa 25 Dec 2018 19:30 WIB

Red: Muhammad Hafil

Sejumlah petugas gabungan mengevakuasi jenazah korban tsunami di Desa Way Muli, Kalianda, Lampung Selatan, Senin (24/12).

Sejumlah petugas gabungan mengevakuasi jenazah korban tsunami di Desa Way Muli, Kalianda, Lampung Selatan, Senin (24/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemerintah sedang memikirkan lokasi baru.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah akan membangun rumah bagi para korban tsunami Selat Sunda yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Sedang saya pikirkan, membangunkan rumah mereka, pasti kita bantu, pasti akan dibangun oleh pemerintah," kata Menteri Basuki, saat mengunjungi korban tsunami, di Lampung Selatan, Selasa (25/12).

Basuki mengatakan, yang menjadi pemikiran pemerintah sekarang adalah lokasi pembangunannya, mengingat jika dibangun di lokasi pinggir pantai nanti pemerintah disalahkan membangunkan di daerah berpotensi tsunami.

"Hanya kita pikir, di mana tempatnya, apa ya di tempat semula yang daerah rawan tsunami, kan bisa berulang, pantai barat Sumatra kan memang berpotensi tsunami," ujar dia pula.

Sehubungan itu, mengenai lokasinya akan didiskusikan dengan pemerintah daerah bersama masyarakat. "Akan kita diskusikan dulu dengan pak gubernur dengan masyarakat, dimana tempatnya," ujar Basuki lagi. Menurut dia, belajar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkena bencana likuefaksi, korban dibangunkan rumah di wilayah yang aman dari likuifaksi.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA