Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Sabtu, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Padang Dikepung Longsor, BI Yakin Inflasi Terjaga

Sabtu 15 Des 2018 16:35 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih

Alat berat membersihkan material longsor yang menghantam tiga unit kendaraan, di Jalur Lintas Padang - Jambi, Panorama II Sitinjau Lauik, Padang, Sumatera Barat, Jumat (14/12/2018).

Alat berat membersihkan material longsor yang menghantam tiga unit kendaraan, di Jalur Lintas Padang - Jambi, Panorama II Sitinjau Lauik, Padang, Sumatera Barat, Jumat (14/12/2018).

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Jembatan roboh tidak memengaruhi harga pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Barat (Sumbar) menyebutkan bahwa pasokan pangan di Kota Padang tidak terpengaruh sejumlah bencana alam yang terjadi dalam sepekan terakhir. Kepala BI Sumbar Endy Dwi Tjahjono menjelaskan, pasokan pangan khususnya beras di Kota Padang mencukupi hingga akhir 2018.

Uji Coba Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Ditunda

Menurutnya, insiden terputusnya akses utama Kota Padang menuju Solok sejak Senin (10/12) petang dan longsor yang menimbun jalur utama Padang-Solok tidak mempengaruhi gejolak harga pangan.

"Dampak terputusnya transportasi sangat minimal. Pasokan di Padang cukup. Untuk Bukittinggi bisa dipasok dari Solok, Payakumbuh, dan Agam," ujar Endy, Sabtu (15/12).

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Pemprov Sumatra Barat, ujar Endy, juga sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pimpinan daerah terkait pasokan pangan. Terakhir, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias juga menegaskan bahwa pasokan bahan pangan dari dan menuju wilayah yang ia pimpin mencukupi.

"Kami melihat, so far dampaknya ke inflasi minimal," kata Endy.

Sepanjang pekan ini, Kota Padang memang seolah 'terkurung' akibat putusnya akses-akses utama menuju daerah lain. Sejak Senin (10/12) lalu, jalan utama Padang-Bukittinggi putus total akibat ambruknya jembatan Sungai Kalu di Padang Pariaman. Kemudian pada Rabu (12/12) pagi, jalan utama Padang-Solok terputus karena material longsor menimbun jalan di Panorama 2.

Kejadian longsor kembali terulang di lokasi yang sama pada Kamis (13/12) tengah malam. Akibatnya, jalur Padang-Solok kembali terputus. Insiden ini bahkan menewaskan satu orang dan melukai 4 orang lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA