Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Jokowi: Proyek Infrastruktur Sudah Antre Menunggu Diresmikan

Rabu 12 Dec 2018 01:19 WIB

Red: Andri Saubani

Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo.

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Infrastruktur itu antara lain bendungan, pelabuhan laut, jalan tol, dan bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa saat ini sudah banyak proyek infrastruktur yang pengerjaannya sudah selesai dan antre menunggu peresmian. Ia menyebutkan proyek infrastruktur itu antara lain bendungan, pelabuhan laut, jalan tol, dan bandara.

"Banyak yang sudah antre tapi karena mengatur waktunya sulit, banyak sekali yang belum bisa kami resmikan," kata Presiden Jokowi ketika meluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta dan Buku Kemajuan Infrastruktur Nasional 2018 di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (11/12).

"Pelabuhan besar seperti Kuala Tanjung di Sumut akhir bulan ini atau awal bulan depan akan kami resmikan,  demikian juga dengan Makassar New Port, ini pelabuhan besar juga yang akan kami selesaikan pada awal 2019," kata Jokowi, menambahkan.

Pada awal sambutannya,  Kepala Negara menyebutkan dalam empat tahun terakhit ini pemerintah fokus dan berkonsentrasi dalam pembangunan infrastruktur.  "Kita melihat pembangunan infrastruktur baik jalan, jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, yang kita lihat satu per satu sudah banyak yang telah selesai," katanya.

Jokowi menyebutkan kemungkinan paling banyak peresmian akan dilakukan pada akhir 2018 atau awal 2019. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mencontohkan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Surabaya yang akan tersambung pada akhir 2018.

"Sebentar lagi tersambung,  tinggal empat ruas yang belum selesai antara lain Batang-Semarang, Salatiga-Solo, Wilangan-Kertosono," katanya.

Presiden menyebutkan, setelah Merak-Surabaya tersambung, diharapkan pada akhir 2019 Merak akan tersambung hingga Banyuwangi. Sementara untuk Trans-Sumatra,  dalam waktu dekat akan terhubung Lampung hingga Palembang. 

"Dari Bakauheni ke Palembang akhir Desember 2018 ini akan selesai terlebih dahulu," katanya.

Ia mengharapkan Jalan Tol Bakauheni hingga Terbanggi Besar sepanjang 148 km akan segera selesai.  "Saya sudah wanti wanti, saya pesan benar agar yang dari Bakauheni ke Palembang selesainya pada April 2019," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA