Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Jumat, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 Desember 2018

Pemkot Sukabumi Target Pembangunan Pasar Selesai 2019

Jumat 07 Des 2018 03:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Sukabumi menjalani sidang tipiring karena berjualan di tempat terlarang seperti trotoar dan badan jalan Kamis (25/10).

Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Sukabumi menjalani sidang tipiring karena berjualan di tempat terlarang seperti trotoar dan badan jalan Kamis (25/10).

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Ratusan PKL ini akan direlokasi di eks terminal selama hampir satu tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Upaya relokasi para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi direncanakan pada 8 Desember 2018 mendatang. Pemindahan PKL ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan Pasar Pelita.

"Kami ingin melakukan percepatan pembangunan Pasar Pelita,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan di sela-sela jambore literasi di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Kamis (6/12).

Salah satunya dengan merelokasi sebanyak 560 orang PKL di sekitar Pasar Pelita ke eks Teminal Sudirman Sukabumi. Langkah ini ungkap Fahmi sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menuntaskan pembangunan pasar. Jika ratusan PKL dipindahkan maka pembangunan pasar akan dilakukan selama 24 jam.

Selain itu kata Fahmi pemindahan PKL terutama untuk mendorong terjaminnya aspek keselamatan kerja dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi pembangunan.  Selanjutnya pemindahan PKL mempermudah akses masuk kendaraan berat ke lokasi pembangunan pasar.

Rencananya ungkap Fahmi, ratusan PKL ini akan berada di lokasi eks terminal selama hampir satu tahun. Ketika selesai pembangunan maka para PKL bisa masuk ke dalam pasar yang selesai dibangun.

"Harapannya pembangunan pasar bisa tuntas pada semester pertama 2019,’’ cetus Fahmi.

Ketika Pasar Pelita selesai dibangun lanjut Fahmi maka akan dilakukan penataan PKL di Harun Kabir dan Ahmad Yani. Penataan ini dimungkinkan ketika pembangunan Pasar Pelita rampung dan pedagang akan dialihkan ke sana.

Meskipun demikian lanjut Fahmi, saat ini pun penataan PKL sudah dilakuka pemkot di sejumlah trotoar misalya Jalan Syamsudin, Siliwangi dan Suryakencana. Harapannya penataan PKL dan trotoar akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat khususnya pejalan kaki dan yang lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi Abdul Rachman menambahkan, lahan eks terminal sejak dua tahun terakhir tidak digunakan. ‘’ Setelah hasil rapat bersama unsur pimpinan terkait penggunaan lahan kosong terminal Sudirman menjadi lahan untuk pasar sementara,’’ imbuh dia.

Abdul menuturkan, lahan eks Terminal Sudirman dinilai cukup strategis digunakan sebagai pasar. Sebabnya lokasinya berada di sekitar wilayah perkotaan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Des 2018, 21:31 WIB