Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Festival Dolanan Anak akan Digelar di Purbalingga

Kamis 06 Des 2018 13:44 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Stand pameran dolanan nusantara

Stand pameran dolanan nusantara

Foto: Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa
Festival digelar di Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang, Senin (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) akan menggelar festival dolanan anak. Festival dolanan ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Purbalingga.

''Festival ini kita selenggarakan untuk memperkenalkan kembali berbagai permainan tradisional pada anak-anak,'' kata Plt Dindikbub Purbalingga, Subeno, Rabu (5/12).

Dia menyebutkan, festival akan digelar selama sehari Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang, Senin (10/12). Festival yang akan dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ini, akan menghadirkan seluruh perwakilan siswa SD se Kabupaten Purbalingga. 

 

''Melalui festival ini, kami berharap berbagai jenis permainan yang mungkin sudah tidak banyak dikenal anak-anak zaman sekarang, bisa kembali dipopulerkan. Apalagi berbagai permainan tradisional ini, sebenarnya merupakan bagian dari budaya kita,'' katanya.

 

Konsep Festival Dolanan, menurut Subeno, akan disesuaikan sedemikian rupa dengan suasana pada jaman dulu. Antara lain, anak-anak akan bermain di bawah pohon dengan membuat suasana pedesaan berupa gubug-gubug kecil terbuat dari bambu dan jerami. Selain itu, panitia juga akan membagikan berbagai dolanan anak pada zaman dulu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA