Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Sunday, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Longsor Terjang Jalan di Sukabumi

Senin 12 Nov 2018 20:04 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi tanah longsor.

Ilustrasi tanah longsor.

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi pada Ahad sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Bencana longsor menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi Ahad (11/11). Bencana tersebut ada yang menutup ruas jalan hingga merusak tembok penahan tebing (TPT).

Keterangan yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana longsor terjadi di Desa Cikarang Kecamatan Cidolog pada Ahad sekitar pukul 16.00 WIB. Bencana longsor mengakibatkan ruas jalan Tagoglalay Cikarang di beberapa titik tertimbun longsoran tanah sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

'' Longsor terjadi akibat hujan deras yang terjadi pada Ahad sore,'' ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman kepada wartawan.

Adapun lokasi longsor yakni Kampung Sinarasih RT 07 RW 03 dan Kampung Sindangpalay RT 12 RW 04. Volume longsor kata Eka, diperkirakan sepanjang 50 meter dan ketinggian 1 meter.

Bencana lainnya terjadi di Kampung Cikidang RT 01 RW 01 Desa/Kecamatan Cikidang pada Ahad sekitar pukul 15.30 WIB. Di lokasi itu ada TPT yang jebol. Tinggi dari TPT tersebut mencapai lima meter dan panjang 10 meter. Bencana itu juga terjadi akibat hujan deras yang mengguyur. Jumlah kerugian akibat mencapai sekitar Rp 25 juta.

Sebelumnya Bmbencana banjir dan longsor menerjang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Sabtu (10/11) sore. Peristiwa tersebut berdampak pada kerusakan rumah dan jalan lingkungan serta mengancam rumah.

Data BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, lokasi bencana tersebar di tiga titik berbeda yakni Desa Benda, Desa Kutajaya, dan Kelurahan Cicurug. Lokasi bencana pertama berada di Kampung Bangkong Reang RT 01 RW 04 Desa Benda, Kecamatan Cicurug.

Longsor menerjang jalan lingkungan dengan panjang enam meter dan ketinggian dua meter. Dalam kejadian ini satu unit rumah terdampak akibat longsor serta satu rumpun  bambu berdiameter 2.5 meter menutup saluran air.

Lokasi kedua di Kampung Pasir Tengah RT 01 RW 03 Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug. Bencana longsor menyebabkan jalan lingkungan terputus dan terbawa longsor sepanjang 20 meter dengan ketinggian 4 meter. Selain itu satu rumah warga terancam dan jalan kabupaten di Kampung Pasir Kalapa RT 01 RW 06 ikut terkena longsor.

Terakhir banjir di Kampung Karang Sirna RT 01 RW 01 dan Kampung Cibeber Hilir RT 01 RW 08 Kelurahan Cicurug. Bencana banjir bandang ini terjdi akibat meluapnya air sungai Cibeber.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA