Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Korban Meninggal Banjir Tasikmalaya Mencapai Enam Orang

Jumat 09 Nov 2018 20:26 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil

Pembagian bantuan bagi korban banjir bandang Tasikmalaya, Jumat (9/11).

Pembagian bantuan bagi korban banjir bandang Tasikmalaya, Jumat (9/11).

Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Banjir bandang berdampak ke enam kecamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (6/11) mengakibatkan  korban yang meninggal dunia terus bertambah. Hingga Jumat (9/11), jumlahnya mencapai enam orang.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Jawa Barat, Dicky Saromi mengatakan, hujan  dengan  intensitas  sedang  hingga tinggi  yang mengguyur beberapa  daerah  di wilayah  Kabupaten Tasikmalaya pada Selasa malam pukul  20.00. Ini  mengakibatkan  terjadinya  luapan  aliran sungai  Cipatujah di  Kecamatan Cipatujah  serta  longsor dibeberapa  lokasi.

Kemudian banjir  bandang  yang  terjadi  disebabkan  oleh  meluapnya  hulu  sungai, tepatnya  aliran  sungai yang mengarah  ke  tiga  kecamatan, Yakni,  Kecamatan Karangnunggal, Culamega, dan Cipatujah.

"Korban meninggal dunia hingga per Jumat menjadi enam jiwa," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (9/11).

Hingga kini, dia menambahkan, bantuan evakuasi korban atau warga yang terjebak banjir serta pencarian korban hanyut dilakukan oleh tim SAR gabungan. Sementara itu, BPBD Jawa Barat berkoordinasi dan melakukan pendampingan dengan BPBD Kabupaten Tasikmalaya untuk penanganan kelokasi kejadian. BPBD Jawa Barat juga telah mengirimkan bantuan logistik berupa makanan instan.

"BPBD memberikan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang akan timbul kembali," ujarnya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES