Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

Gubernur Sulut Sebut Banyak Pulau Belum Punya Nama

Sabtu 27 Okt 2018 08:22 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

Pulau Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

Foto: Republika/Edi Yusuf
Jumlah wisatawan asing ke Manado disebut meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO --- Ratusan pulau yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Utara hingga kini belum memiliki nama. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan Sulut memang menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak pulau. Tercatat ada sebanyak 286 pulau di mana 59 pulau berpenghuni dan 227 pulau tak berpenghuni. Dari 227  pulau yang belum berpenghuni, kata Olly masih banyak yang belum memiliki nama.

"Banyak pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga seperti Filipina dan masih banyak pulau yang belum mempunyai nama," tutur Olly saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental di lapangan Satrio, Manado pada Jumat (26/10).

Karenanya dalam kesempatan itu, Olly meminta pemerintah khususnya kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dan Menkopolhukam, Wiranto yang hadir pada pembukaan PKN Revolusi Mental untuk memberikan nama pada pulau-pulau di Sulut yang belum mempunyai nama.

"Saya kira Bu menko dan seluruh menteri bisa mengusulkan kepada pemerintah Sulut nama pulau pulau yang belum punya nama agar kami menjadi kenangan bagi Sulut," kata Olly.

Sementara itu, Olly merasa bangga Manado dipilih sebagai tuan rumah PKN Revolusi Mental. Ia mengklaim Sulut banyak mengalami banyak kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama di sektor kepariwisataan sebagai wujud realisasi dari revolusi mental.

Sektor pariwisata Sulut khususnya Manado memang mengalami peningkatan tajam sejak tiga tahun terakhir. Pada 2015, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Manado hanya 15 ribu wisatawan. Angka tersebut meningkat tajam pada 2016, wisatawan mancanegara yang datang ke Manado mencapai 49 wisatawan.

Tahun lalu, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Manado bahkan naik 61 persen atau berjumlah 79 ribu wisatawan mancanegara. Sementara  hingga semester I tahun ini, Dinas Pariwisata Manado mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Manado telah mencapai 69 ribu wisatawan.

"Tingkat toleransinya tinggi dan penuh hal baik yang bisa dilihat ketika banyak turis datang ke Sumatera Utara," katanya.

Sementara itu pembukaan PKN revolusi mental yang berlangsung di lapangan Sario Manado berlangsung meriah. Kegiatan itu diikuti ribun peserta dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, pelajar hingga komunitas masyarakat.

PKN Revolusi Mental semarak dengan pertunjukan tari daerah hingga menari poco-poco bersama yang dilakukan peserta. Dalam kegiatan itu juga dipamerkan berbagai inovasi layanan publik dari Kementerian hingga Pemda. PKN Revolusi Mental di Manado rencananya berlangsung hingga Ahad (28/10). 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA