Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Minggu, 13 Syawwal 1440 / 16 Juni 2019

Gempa 6,4 SR Situbondo Merata Dirasakan Warga Jatim

Kamis 11 Okt 2018 03:25 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Indira Rezkisari

Gempa - ilustrasi

Gempa - ilustrasi

Foto: Reuters
Sejumlah warga enggan kembali ke rumah khawatirkan gempa susulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang berpusat di wilayah Situbondo, Jawa Timur dirasakan merata oleh warga di wilayah Jawa Timur, Kamis (11/10). Gempa yang terjadi sekitar pukul 01.44 WIB itu pun sempat membuat warga panik.

Gempa juga keras dirasakan oleh warga di wilayah Surabaya, Malang, Jember, dan sekitarnya. "Malang terasa gempanya tadi, padahal tinggal di daerah pegunungan tapi bisa kerasa banget. Guncangannya lama lagi, semoga orang-orang di Situbondo aman," cicit akun @ella_yuliatik di Twitter.

Akun @SitinurFaida8 juga mencicit bahwa gempa terasa cukup keras di Probolinggo. "Terasa keras banget di Kecamatan Bantaran Probolinggo," tulis akun tersebut.

Di Surabaya, yang letaknya cukup jauh juga warga merasakan getaran gempa cukup keras di wilayah tersebut. Seperti disampaikan akun @Jpnapoleon, "Terasa sampai Surabaya," tulis akun tersebut.

Gempa juga kuat dirasakan di Sumenep, Pulau Madura, hingga membuat warga terjaga dan keluar rumah.

"Gempanya lumayan gede karena lebih deket ke Sumenep ketimbang Situbondo. orang-orang lebih memilih tidur di halaman rumah karena khawatir ada susulan," kata akun @eL_rahmans.

Dikutip dari akun Twitter BMKG, Kamis (11/10), tertera gempa terjadi tepatnya pukul 01.44 WIB di 61 km timur laut Situbondo. Gempa terjadi di kedalaman 10 km. Gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut juga dirasakan hingga ke Bali dan Mataram.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA