Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

RRI dan ACT Gelar Konser Amal untuk Palu dan Donggala

Senin 08 Oct 2018 07:30 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga korban gempa berebut pembagian logistik yang diangkut menggunakan helikopter di Kecamatan Sirenja, Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (7/10).

Warga korban gempa berebut pembagian logistik yang diangkut menggunakan helikopter di Kecamatan Sirenja, Palu, Sulawesi Tengah, Ahad (7/10).

Foto: Antara/Abriawan Abhe
RRI menilai ACT memiliki akuntabilitas termasuk dalam penyaluran dana hasil konser

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyelenggarakan konser amal pada Ahad (7/10). Acara yang diadakan Auditorium Abdul Rahman Saleh RRI bertujuan menggalang dana bantuan yang nantinya akan disalurkan ke korban gempa dan sunami di Sulawesi Tengah. 

Menurut Direktur Utama RRI, Rohanuddun, ini pertama kalinya bagi RRI menggalang dana dengan konser amal. Sebelumnya RRI tidak punya banyak pengalaman di dalam mengumpulkan dana berikut cara mengaksesnya. "Kami melihat akuntabilitas ACT dalam hal ini cukup bisa dipercaya sehingga nanti penyaluran dana itu juga melalui ACT," ujar Rohanuddin. 

Rohanuddin menjelaskan, proses pengumpulan dana akan dilakulan selama tiga bulan terhitung sejak awal Oktober kemarin. Rohanuddin berharap bantuan dapat segera disalurkan mengingat kondisi di Sigi, Palu dan Donggala sangat kritis dan membutuhkan banyak bantuan. 

Dia menambahkan ini merupakan dedikasi RRI sebagai lembaga penyiaran yang memiliki keberpihakan kepada kemasyarakatan. Menurut Rohanuddin, RRI mempunyai tanggung jawab sosial yang besar terhadap bangsa Indonesia. 

Rohanuddim menjelaskan, dana yang terkumpul berasal dari seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui kantor RRI yang tersebar diberbagai penjuru Indonesia. Selain tiga daerah di Sulawesi Tengah ini, dana yang terkumpul juga akan disalurkan ke Lombok yang belum lama ini juga dilanda bencana gempa. 

Konser amal bertajuk Indonesia Bersama Palu, Sigi dan Donggala ini diisi oleh sejumlah musisi Tanah Air. Pagelaran musik yang dimulai pukul 20.00 wib ini diawali dengan penampilan duet dari Iwan Abdie dan Lucky Octavian membawakan lagu "Assalammualaikum".

Musisi lainnya yang juga tampil dalam konser amal ini yaitu penyanyi senior Purnomo Sikas yang membawakan lagu milik Chrisye "Ketika Kaki Tangan Bicara", grup vokal Snada dengan lagu "Sajadah", hingga penyanyi muda Intan Soekotjo yang menyanyikan lagu "Di Bawah Sinar Rembulan". Para penyanyi ini seluruhnya diiringi oleh permainan piano yang apik Dwiki Darmawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA