Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Presiden Jokowi Berkurban Dua Ekor Sapi di Solo

Rabu 22 Agustus 2018 12:19 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Andi Nur Aminah

Warga menyaksikan sapi kurban Presiden Joko Widodo di Masjid Agung Solo, Rabu (22/8)

Warga menyaksikan sapi kurban Presiden Joko Widodo di Masjid Agung Solo, Rabu (22/8)

Foto: Binti Sholikah/Republika
Dua sapi iitu disalurkan kepada takmir Masjid Agung Solo dan Masjid Wustho Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kurban dua ekor sapi untuk warga Solo. Dua sapi tersebut masing-masing disalurkan kepada takmir Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Solo.

Kedua sapi tersebut berjenis limuusin dengan berat masing-masing 1,16 ton di Masjid Agung Solo dan 950 kilogram di Masjid Al Wustho Solo.  Sebelum disembelih, kedua sapi secara terpisah diserahterimakan oleh Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo kepada masing-masing kepala takmir masjid. Penyerahan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo di Masjid Agung Solo dilaksanakan pukul 08.20 WIB.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, mengatakan, masyarakat Kota Solo merasa bersyukur dan berterima kasih yang besar kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun tahun ini. "Bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi ini mudah-mudahan bisa membawa berkah seluas-luasnya bagi masyarakat Solo," terang Purnomo.

Purnomo juga menyampaikan pesan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo agar tahun depan Presiden Jokowi tidak hanya berkurban untuk dua masjid di Solo. Sebab, terdapat lima masjid yang dikelola oleh Pemkot Solo. Kelimanya yakni, Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Solo, Masjid Tegalsari, Masjid Laweyan dan Masjid Kepatihan.

Kepala Tata Usaha Masjid Agung Solo, Muh Alif, mengatakan, sapi kurban dari Presiden Jokowi didatangkan ke Masjid Agung pada Selasa (21/8) pukul 21.00 WIB. "Pak Jokowi sejak beliau menjadi Wali Kota Solo kemudian Gubernur DKI sampai menjadi Presiden setiap tahun berkurban sapi kepada masyarakat Solo," ujar Alif kepada wartawan.

Alif menyebutkan, tahun ini jumlah hewan kurban di Masjid Agung Solo sebanyak enam ekor sapi termasuk dari Presiden Jokowi serta 20 ekor kambing. Rencananya, daging dari hewan kurban tersebut akan dijadikan 1.400 bungkus untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid dan luar masjid. Rinciannya, 400 bungkus untuk warga sekitar Masjid Agung Solo dan 1.000 bungkus untuk masyarakat luar masjid.

Alif menjelaskan, sistem pembagian daging kurban di Masjid Agung Solo tidak menggunakan kupon tetapi berjajar seperti antre tiket. Panitia memisahkan antara antrean laki-laki dan perempuan. "Kalau yang sudah sepuh dan bawa anak kecil disuruh duduk nanti panitia yang mendatangi," imbuhnya.

Rencananya, pembagian daging kurban akan dimulai pukul 13.00 WIB. Diperkirakan pembagian daging kurban akan selesai pukul 16.00 WIB.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES